Iklan

Pj. Bupati Mentawai Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan untuk Kelompok Nelayan Loma'k di desa Sinakak Sikakap

Jumat, 22 Maret 2024, Maret 22, 2024 WIB Last Updated 2024-03-22T14:41:12Z

 Pj. Bupati Mentawai Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan  untuk Kelompok Nelayan Loma'k di desa Sinakak Sikakap

SASARAINAFM.COM │ Sinakak - Penjabat Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak menyerahkan perangkat tangkap ikan kepada kelompok nelayan Loma'k desa Sinakak Sikakap.


Bantuan kelengkapan alat tangkap ikan yang merupakan hibah itu antara lain berupa mesin tempel ukuran 15 PK, Jaring tangkap ikan sebanyak 30 set dan Coplbox sebanyak 35 buah.


Fernando dalam pengarahannya meminta kepada para nelayan yang tergabung pada kelompok Loma'k dapat memanfaatkan bantuan itu dengan semaksimal mungkin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan nafkah dalam keluarga.


" Bapak-bapak saya berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan maksimal guna mencari nafkah, jangan dijual atau jadi hiasan dirumah sehingga tidak berpengaruh peningkatan ekonomi keluarga," Tegas Fernando 


Dibagian lain, Fernando juga menginstruksikan kepada kepala dinas Perikanan, agar dapat segera merencanakan pembangunan pabrik es, sehingga ikan hasil tangkapan para nelayan dapat bertahan, dan memiliki daya saing dalam penjualan. 


Sementara Kepala Dinas Perikanan Mentawai Zakirman menyatakan siap dalam mendukung terwujudnya pembangunan pabrik es itu, guna meningkatkan perekonomian masyarakat Kepulauan Mentawai dengan menpersiapkan usulan pembangunan pabrik es di Sipora Utara, Siberut Selatan dan Utara.


" pada prinsipnya kita siap mendukung, karena dengan adanya pabrik es tentu akan banyak pengaruhnya dalam peningkatan perekonomian masyarakat nelayan," Ujar Zakirman


Zakirman juga meminta kepada pihak PLN Sumatera Barat, agar bisa menambah daya listrik khususnya untuk pabrik es di Sikakap agar bisa lebih maksimal. Saat ini kata Zakirman, pabrik es di Sikakap yang dikelola UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Dinas Kelautan dan Perikanan ProvinsiSumatera Barat memiliki kapasitas 15 ton, sehingga dengan adanya tambahan daya listrik maka operasional pabrik akan lebih maksimal. 


Sementara, menurut Zakirman, dari dinas yang dipimpinnya saat ini juga sedang memaksimalkan produksi benih ikan pada BBIP Sikakap guna peningkatan perekonomian pembudidaya yang ada di Kepulauan Mentawai.


Acara serah terima hibah kelengkapan alat tangkap ikan kepada kelompok loma'k Desa Sinakak dilakukan di TPI Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap oleh Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak,  didampingi Asisten dan Kepala Dinas Perikanan Mentawai, Zakirman, S.Pt (D)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Mentawai Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan untuk Kelompok Nelayan Loma'k di desa Sinakak Sikakap

Terkini

iklan2

Iklan