Iklan

MTQ Tingkat Kecamatan Resmi dibuka Pj Bupati Kepulauan Mentawai

Rabu, 20 Maret 2024, Maret 20, 2024 WIB Last Updated 2024-03-20T05:15:26Z

 Asisten II Setdakab. Mentawai Lahmudin Siregar berfoto bersama usai membuka  MTQ  antar TPA dan Rumah Tahfiz se-kecamatan Sipora utara. Selasa, (19/03).

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjutak dalam hal ini diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Lahmudin Siregar membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran( MTQ ) antar TPA dan Rumah Tahfiz se-kecamatan Sipora utara. Selasa, (19/03).

Pelaksanaan MTQ mulai tanggal 19 Maret dan akan berakhir 26 Maret 2024 ini melibatkan 4 Rumah Tahfiz dan 12 TPA  dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan menghadirkan 300 peserta.



Lahmudin dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebagai lomba mencari qori-qoriah dan hafidz-hafidzah terbaik, melainkan juga sebagai upaya konkret untuk memperkaya pemahaman dan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta lebih mendalami agama untuk memperkokoh keimanan. 


“Musabaqah Tilawatil Quran ini, bukanlah hanya sekedar lomba untuk mencari qori qoriah dan hafidz hafidzah terbaik, akan tetapi adalah suatu upaya konkrit umat islam untuk menggali nilai nilai luhur yang terkandung di dalam alquran agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup serta lebih mendalami agama untuk memperkokoh keimanan terutama kepada generasi muda,” ujar Lahmudin.


ia juga menambahkan dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, berharap MTQ akan menjadi pendorong bagi individu-individu untuk lebih mendalami dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an.


“ Melalui kegiatan MTQ ini, saya berharap kiranya bisa menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengamalkan isi kandungan AL-Qur’an.’’ 

Sebutnya. 


Lahmudin juga menyebutkan, pada Bulan Desember 2023 yang lalu Kabupaten Kepulauan Mentawai turut serta mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera barat dengan mengirimkan kafilah sebanyak 35 orang untuk mengikuti 12 cabang. Sementara itu, dari 16 cabang yang diperlombakan, qadarullah Mentawai belum berhasil membawa pulang hadiah.


“Mudah-mudahan melalui kegiatan MTQ di tingkat kecamatan seperti ini kedepan kita dapat menjaring bibit-bibit Qori dan Qori’ah yang dapat mengharumkan nama Mentawai dengan memberikan pencapaian yang terbaik, untuk itu tentu kita mohon dukungan dari pada ulama, ustad-ustadzah para guru, ninik mamak, bundo kanduang, dan kita semua,” terang Lahmuddin.


Menutup sambutannya, Lahmudin mengungkapkan bahwa Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan ini mampu menjadi ajang yang melahirkan qori- qoriah terbaik.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Hendri Yansyah berharap dapat melahirkan generasi penghafal Alqur’an dan menjadi hafidz dan hafidzah Alqur’an. Selanjutnya memiliki akhlak mulia tetap berpegang teguh dengan Agama.


Turut hadir Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Sipora di Masjid Al-amin desa Tuapejat itu Kapolres Mentawai, AKBP. Rory Ratno, Pasiter Kodim 0319, Kepala Kantor Kementrian Agama H. Masdan, Ketua MUI, Muhammad Mujamma’ul khair, Ketua Pengurus Mesjid Al-amin, Kepala Desa se-Kecamatan Sipora Utara, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Ketua Panitia Pelaksana, Hendri Yansyah. {Md}.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MTQ Tingkat Kecamatan Resmi dibuka Pj Bupati Kepulauan Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan