Iklan

Melalui Dana Alokasi Khusus, Tahun ini DPKP Mentawai Bakal Bangun 115 Unit Rumah Baru

Minggu, 27 Maret 2022, Maret 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-27T15:14:19Z

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (DPKP) Mentawai di Tuapejat

SASARAINAFM.COM  | TUAPEJAT - Budi Siregar, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (DPKP) Mentawai mengatakan bahwa tahun 2022 dilakukan pembangunan rumah baru swadaya masyarakat sebanyak 115 unit dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang terbagi di Desa Monganpoula sebanyak 65 unit rumah, Dusun Mabolak Desa Sinakak sebanyak 35 unit, Dusun Boriai Desa Sinakak 15 unit.


"Pengerjaannya dari awal pembangunan pondasi rumah hingga berdirinya bangunan dan seperti tahun sebelumnya melalui swadaya masyarakat dengan membentuk kelompok masyarakat,"papar Budi Siregar di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.


Lebih lanjut Budi menerangkan bahan bangunan yang digunakan merupakan material lokal dengan menunjuk supplier. Sistem pendistribusiannya, Bank Nagari sebagai pos penyalur membuka rekening masyarakat penerima bantuan dan kemudian akan dipilih supplier yang mampu untuk memasok bahan bangunan dengan dibantu oleh fasilitator yang ditempatkan di sana.


Untuk di Monganpoula, imbuhnya, sebelumnya telah direlokasi 30 unit rumah dari daerah rawan banjir di perkampungan lama. Sehingga total hingga tahun ini menjadi 95 unit rumah direlokasi ke atas di jalan trans Mentawai sekira 1,5 kilometer dari perkampungan lama.


Adapun serapan anggaran bangun rumah baru tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) totalnya Rp, 5.175.000.000. Anggaran untuk per unit rumah sebanyak Rp, 45 juta yang dibagi Rp, 40 juta untuk bahan material dan Rp, 5 juta untuk upah kerja. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Melalui Dana Alokasi Khusus, Tahun ini DPKP Mentawai Bakal Bangun 115 Unit Rumah Baru

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan