Iklan

Dinas Koperindag Mentawai Gelar Pelatihan Kewirausahaan Angkatan I dan II di Tuapeijat

Selasa, 08 Desember 2020, Desember 08, 2020 WIB Last Updated 2020-12-08T03:09:30Z

Kadis Koperindag Mentawai, Elisa Siriparang  saat membuka pelatihan 

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT-
Pelatihan kewirausahaan angkatan I dan II yang dilaksanakan di aula hotel Graha Viona diikuti sebanyak 80 peserta se wilayah Sipora.


Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kepulauan Mentawai, Elisa Siriparang mengatakan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan angkatan I dan II bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.


“Kita berharap pelatihan ini bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, dan juga punya timbal balik baik penyedia bahan mentah maupun pengolah, sehingga masyarakat sama-sama menuntungkan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (7/12/2020).


Ia juga menyampaikan pelatihan kewirausahaan angkatan I dan II di tanggung oleh Dinas Koperindag Provinsi Sumatera Barat, sementara Dinas Koperindag Kepulauan Mentawai hanya menyediakan fasilitas pelatihan saja.


Pelatihan kemaren ini angkatan satu dan dua, sebenarnya masih angkatan pertama, tapi karena kondisi pandemi covid, akhirnya digabung angkatan dua. Dananya ini dari provisi, kita hanya memfasiltasi tempat dan memfasiltasi peserta saja.


“Gunanya apa? Bagaimana kita mengetahui bahwa hidup kita ini dari UMKM, kalau bisa yang kita kelola itu bahan-bahannya semua dari Mentawai, seperti keladi, sagu, pisang, umbi-umbian, itu yang kita inginkan, misalnya bikin mie dari pisang, bikin tepung dari sagu, seperti itu,” kata Elisa.


Ia berharap pengusaha atau pedagang bisa dibentuk baik dari perorangan, kelompok dan koperasi, dimana masing-masing usaha harus jelas apa yang diproduksi, menurutnya kalau sudah jadi koperasi berarti sudah mandiri dan bisa melatih usaha-usaha kecil dan mereka bisa membuat produksi yang jauh lebih meningkat.


“Kalau koperasi inikan sudah punya badan hukum, itu yang kita harapkan dan tekankan kepada peserta,” jelasnya.


Kemudian untuk tahap berikutnya, pelatihan kewirausahaan akan diikuti oleh peserta baru dan belum pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan angkatan I dan II, sehingga semua pengusaha kecil atau menengah atas bisa mendapatkan ilmu tentang UKM.


“Tahun depan itu tetap ada, nah kita juga sampaikan bahwa pelatihan berikutnya tidak yang ini lagi, yang baru lagi, seperti dari Siberut atau Sikakap akan kita undang untuk mengikuti pelatihan UKM, termasuk kerajinan,” terang Elisa.


Peserta yang mengikuti pelatihan angkkatan pertama 40 dan angkatan kedua 40 total peserta 80 orang. (Str).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Koperindag Mentawai Gelar Pelatihan Kewirausahaan Angkatan I dan II di Tuapeijat

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan