Dishub Mentawai Bakal Ijinkan Kapal Antar Pulau Beroperasi Minggu Ini - SasarainaFM

Breaking

radio

Rabu, 10 Juni 2020

Dishub Mentawai Bakal Ijinkan Kapal Antar Pulau Beroperasi Minggu Ini

Kapal antar pulau milik pemkab Mentawai saat bersandar di dermaga Tuapeijat 

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Selama masa transisi PSBB menuju new normal di Kepulauan Mentawai, akan diberlakukan relaksasi dengan membuka arus transportasi antar antar pulau.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tohap M. Nababan menyatakan bahwa dalam Minggu ini, tepatnya Sabtu (13/6/2020) mendatang, kapal antar pulau mulai beroperasi.

"Sebenarnya kita sudah menyepakati hari Jumat, namun karena ada kapal Gambolo pada hari itu, jadi kita undur pada hari Sabtu nanti," papar Tohap di ruang kerjanya, Selasa (9/6/2020).

Selanjutnya akan ada pembatasan jumlah penumpang dan sederet aturan dalam rangka mencegah penyebaran pandemi Covid19 di Bumi Sikerei.

Persyaratannya diantaranya, satu hari sebelum keberangkatan kapal sudah membeli tiket dimana penjualan tiket dibuka pada Kamis dan Jumat (10-11/6/2020) pada jam 08.00 s/d 16.00 Wib. Kemudian, wajib mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak, anak-anak pada usia 5 tahun ke atas wajib membeli tiket.

Selanjutnya, penumpang dari zona merah seperti dari daerah Tuapeijat, harus memiliki surat keterangan  bebas Covid19 dari dokter.

Kemudian, bagi penumpang disarankan  membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena layanan kafe tidak dibuka di kapal.

Selain itu, ABK tidak diperbolehkan menyewakan kamar kepada penumpang.

Berikut jadwal keberangkatan kapal antar pulau minggu ini, pada Sabtu (13/6/2020) yaitu, KM.Pulau Simasin dari Tuapeijat langsung ke Sikakap dengan kapasitas 25 orang.

KM Simatalu dari Tuapeijat - Mabukuk - Siberut Selatan dengan kapasitas 15 orang.

Kapal Simasin dan Simatalu  kembali pada minggu (14/6/2020).
Sementara KLM. Nade dari Tuapeijat pada hari yang sama menuju Saibi - Sikabaluan.

Dilanjutkan pada Minggu (14/6/2020) dari Sikabaluan menuju Betaet pulang pergi, dan kembali dari Sikabaluan - Saibi - Tuapeijat Senin (15/6/2020) dengan kapasitas penumpang 20 orang.
Sementara tentang tarif tiket ditentukan dengan harga seperti biasa, tanpa ada kenaikan.

Berikut nomer kontak  yang bisa dihubungi yakni, Herman di nomor 085263354355 atau Dayat di nomor 081372447328.

"Untuk jadwal kapal Mentawai fast belum sampai saat ini.Kemungkinan saat new normal," tukas Tohap.
(KS)