Our social:
Photobucket
Loading...
LPPL Radio Sasaraina Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat │Media Informasi dan Edukasi Masyarakat Mentawai │Jl. Raya Tuapeijat KM.2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai │Interaktif +62 82390747044 │Whatsapp +628116642768 │e-mail : sasarainaradiofm@gmail.com │website : www.sasarainafm.com │Matikan player audio streaming disamping, bila Anda ingin mendengar dan melihat live video streaming │

Pemkab Mentawai Imbau Warga Tidak Perlu Panik Adanya Virus Corona

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat berikan pengarahan pada sosialisasi kesiap-siagaan dan antisipasi penyebaran virus corona bersama unsu pimpinan Forkopimda daerah setempat

SASARAINAFM.COM │ TUAPEIJAT  -  Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menghimbau warganya untuk tidak perlu panik terdahap adanya virus Corona, meskipun aktifitas dibatasi,  dengan menjaga jarak agar tidak tertular, dan menghindari tempat-tempat kerumuman massa, namun tetap harus berfikir positif.

"Jangan panik, batasi aktivitas dan jaga jarak (sosial distancing) agar tidak tertular. Tetap berpikir positif," imbau Yudas pada pengarahan sosialisasi kesiap-siagaan dan antisipasi penyebaran virus corona (covid-19) Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama unsur Forkopimda di aula Sekretariat daerah, Senin malam (16/3/2020).

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam diskusi dan pengambilan kebijakan terkait pandemi virus Corona di Mentawai yang disampaikan Yudas diantaranya, kesiapan menghadapi Covid-19 mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dan desinfektanisasi di pintu masuk pelabuhan, pencegahan dan sosialisasi pada pelajar, menjaga pintu masuk sektor pariwisata, penundaan agenda lain ke luar daerah maupun tamu dari luar daerah, pembentukan gugus tugas daerah dengan ketua harian Sekretaris daerah, dan persiapan maupun pelatihan petugas di lapangan agar penanganan cepat.

Sementara itu Wakil Bupati Kortanius Sabeleake menambahkan bahwa kapal pesiar tidak boleh langsung masuk ke spot surfing, namun harus melalui satu pintu di pelabuhan.  Kemudian, harga dan ketersediaan BBM agar dikontrol, dan saling koordinasi.

"Kepada Camat, Kepala desa, dan jajaran lainnya agar meningkatkan kegiatan pembersihan pemukiman untuk meminimalisir," imbau Korta.

Lebih lanjut Korta mengatakan meskipun sampai saat ini belum ada satupun warga Mentawai yang terpapar virus corona ini, namun langkah-langkah persiapan harus dilakukan diantaranya dengan perlunya meng-standbykan kapal, peralatan baju astronot, anggaran, hingga pulau untuk lokasi isolasi darurat.

Selanjutnya, Kasdim 0319 Mentawai menyampaikan bahwa perlu menyiapkan posko / tenda, penyemprotan desinfektan di tempat umum dan tidak boleh berkumpul lebih dari 30 orang.

Sementara itu, Kakansar kelas B Mentawai, Akmal juga mengimbau agar seluruh stakeholder dan masyarakat serius dan tidak menganggap sepele menghadapi pandemi covid 19 dengan  tim medis dan perlengkapan harus siap, serta SOP penanganan. (KS)