BPS TERAPKAN SENSUS PENDUDUK SECARA ONLINE DAN WAWANCARA KEPULAUAN MENTAWAI - SasarainaFM

Breaking

radio

Kamis, 05 Maret 2020

BPS TERAPKAN SENSUS PENDUDUK SECARA ONLINE DAN WAWANCARA KEPULAUAN MENTAWAI

Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Sensus Penduduk 2020 di Tuapeijat.
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Mentawai, terapkan Sensus Penduduk (SP) secara online dan sistem  wawancara.

Kapala BPS Provinsi Sumatera Barat Ir. Pitono, M. Ab mengatakan pendataan sensus penduduk secara nasional di lakukan dengan yakni secara online dan sistem wawancara.

"Untuk sensus penduduk secara keseluruhan baik di tingkat provinsi maupun wilayah terpencil diterapkan secara online dan wawancara, kenapa dua cara ini dilakukan, karena tidak semua wilayah terkoneksi jaringan internet, dan dilakukan secara online, untuk menyesuaikan dengan jaman milenial, jadi aspirasi generasi milenial diserap oleh BPS dan BPS akan melakukan perubahan "  Kata Pitono pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi mensukseskan Sensus Penduduk 2020, yang berlangsung di aula Sekretariat daerah Km 5 Tuapeijat Rabu (4/3-2020).

Lebih lanjut dikatakan, sensus online diseluruh Indonesia dilakukan sejak 15 Februari s/d 31 Maret 2020, namun di  Mentawai sudah termasuk terlambat sosialisasinya, karena jadwal kegiatan begitu padat, dan barulah dilakukan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia pada Rabu (4/3-2020).

Menurut Pitono, pengambilan data penduduk pada sensus penduduk 2020 merupakan dasar untuk mengambil kebijakan dalam pemerintahan, untuk  itu kata Pitono dengan sosialisasi yang baik dan menyeluruh, maka  informasi tentang SP 2020 bisa disebarluaskan ke masyarakat.

Sementara kepala BPS Kabupaten Kepulauan Mentawai Taufik Amnul Hayat menambahkan, Pemda Mentawai sangat antusias dalam sosialisasi SP ini, melalui surat edaran Bupati Mentawai agar ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti dan mengisi Sensus Penduduk secara online, sosialisasi ini juga BPS Mentawai  akan berjalan melakukan pendampingan tentang tata cara pengisian form secara online.

“Jadi, seluruh penduduk dapat melakukan pemutakhiran data kependudukan masing-masing secara online melalui website Sensus di alamat
https://sensus.bps.go.id/login

Bagi warga yang tidak dapat melakukan secara online, karena  terkendala koneksi internet, serta yang belum mempunyai KK, atau NIK  maka kata Taufik  petugas BPS akan mendatangi rumah warga untuk melakukan wawancara dan pencatatan pada bulan Juli 2020 mendatang.

Acara Sosialisasi SP 2020 yang digelar
Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Mentawai bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mentawai, dihadiri antara lain oleh
Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat Ir. Pitono, M.Ab Forkopimda, dan  sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemda Mentawai ( suwardi )