Iklan

Puskesmas Peipei Siberut Barat Daya Ciptakan Inovasi Cetakan Closet

Rabu, 21 Agustus 2019, Agustus 21, 2019 WIB Last Updated 2019-08-21T01:33:25Z
Ilustrasi

SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT -  Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskesmas Peipei Pasakiat Taileleu kecamatan Siberut barat daya (Sibaday), dokter Winaldi mengungkapkan dari tiga desa wilayah kerja puskesmas Peipei masih ada sekira 719 keluarga yang belum memiliki jamban sehat.

"Salah satu strategi kita untuk membantu masyarakat yang belum memiliki jamban yaitu dengan inovasi cetakan closet," ujar Winaldi, selasa (20/8)..

Ia menerangkan bahwa pembuatan jamban dengan cetakan closet dimulai sejak awal 2018 lalu dengan melibatkan masyarakat dan baru berhasil membuat 21 closet.

"Kita punya cetakan closet dan bahan yang digunakan adalah semen dan pasir. Satu sak semen bisa membuat 7 closet," paparnya.

Ia mengharapkan akhir tahun 2019 masing-masing keluarga Sibaday sudah memiliki closet / jamban sehat.

"Pembuatan closet ini sumber dananya adalah swadaya saya dan sumbangan dari beberapa resort karena kita belum mendapatkan anggaran khusus untuk membangun jamban warga," katanya.

Ia berharap pemerintah dapat memberikan injeksi dana untuk membantu biaya semen dan pasir untuk pembuatan jamban mengingat hal tersebut sangat krusial bagi kesehatan warga dan wilayah pariwisata yang bakal dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  tersebut.  (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puskesmas Peipei Siberut Barat Daya Ciptakan Inovasi Cetakan Closet

Terkini

iklan2

Iklan