Iklan

Rebut Perhatian Dunia. Pemkab Mentawai Tahun Ini Kembali Gelar Festival Budaya Pesona Mentawai 2019

Kamis, 04 April 2019, April 04, 2019 WIB Last Updated 2019-06-20T05:34:01Z
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Mentawai, Mateus Samalinggai 

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan lah Raga (Disparpora) daerah setempat berencana kembali menggelar perhelatan akbar Festival Pesona Mentawai 2019.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Mentawai, Mateus Samalinggai mengatakan, kegiatan pagelaran seni dan budaya yang antara lain mempunyai tujuan untuk pemberdayaan  masyarakat dalam mencintai budayanya  sendiri tersebut bakal digelar di Pelataran Dermaga Tuapejat pada 28 Juni  hingga 1 Juli 2019 mendatang,.

“ ya tahun ini kita akan gelar di pelabuhan Tuapejat. Tujuannya agar acara ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas, termasuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung dalam festival ini,”  Kata Mateus, di Tuapejat, Kamis, (4/4)

Festival bergengsi di Bumi Sikerei yang nantinya bakal menampilkan berbagai aktraksi seni dan budaya Mentawai seperti atraksi pembuatan tatto  Mentawai,  perlombaan panahan tradisional, pameran produk-produk seni khas Mentawai dan berbagai persembahan seni tradisinal khas Mentawai lainnya itu, kata Mateus sebenarnya pada tahun ini tidak bisa dilaksanakan karena minimnya anggaran yang tersedia, namun pihaknya terus melakukan upaya agar kegiatan sebagai media promosi budaya dan alam Mentawai bisa kembali digelar, ini merupakan upaya kita meskipun anggaran di APBD 2019 yang disetujui hanya 800 juta, tapi kita bertekat tetap menggelar festival pesna Mentawai ini, “ tegas Mateus..

Mateus menyebutkan, tekatnya untuk kembali menggelar festival, karena festival pesona Mentawai yang digelar pada tiap tahun ini merupakan media untuk mempromosikan Kepulauan Mentawai sebagai destinasi wisata bahari terbaik dunia dengan berbagai keunggulan dan keunikan alam dan Budayanya.

Penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai, sebutnya juga sebagai bentuk memperkenalkan potensi dan kekayaan alam serta budaya masyarakat Bumi Sikerei kepada wisatawan agar masyarakat setempat memiliki jiwa wirausaha  dan ramah  dalam menyambut dan melayani tamu.

Festival pesona ini juga bertujuan untuk mempertahankan originalitas entitas kebudayaan maupun alam secara berkelanjutan serta upaya mengantisipasi pergeseran oleh transformasi dan peradaban sosial.

"Entitas kebudayaan dapat berakar kuat menjadi landasan kehidupan masyarakat Mentawai dimasa depan" tuturnya.

Ia berharap, selain menggenjot kunjungan wisatawan ke Tuapejat dan kawasan Mentawai lainnya, melalui festival ini, budaya dan alam Bumi Sikerei bisa lebih terkenal di mata dunia. (Nbl)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rebut Perhatian Dunia. Pemkab Mentawai Tahun Ini Kembali Gelar Festival Budaya Pesona Mentawai 2019

Terkini

iklan2

Iklan