Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Sabtu, 27 April 2019


SASARAINAFM.COM, MARA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai , Sabtu (27/04/2019)  menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 2 Kecamatan yakni di TPS 6 Pututukat Sibau Desa Saumangaya Kecamatan Pagai Utara dan TPS 2 Mara Timur Kecamatan Sipora Selatan..

Dari pantauan SasarainaFm, pelaksanaan PSU di TPS 2 Mara Timur berlangsung aman dan damai tanpa adanya gangguan keamanan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 2 Mara Timur, Parulian Siritoitet saat dimintai keterangan usai PSU mengakui, PSU dilakukan sesuai rekomendasi Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai karena ditemukan sejumlah pemilih melakukan pencoblosan hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, namun tidak terdaftar sebagai warga setempat dan tidak membawa formulir A5.

"PSU di lakukan karena kami menerima pemilih menggunakan KTP tapi bukan   warga setempat " katanya singkat.

Ia mengatakan, bahwa PSU yang digelar   mengalami penurunan partisipasi pemilih karena beberapa faktor antara lain sejumlah warga yang berstatus mahasiswa yang terdaftar dalam DPT untuk memilih di tempat tersebut telah pulang ke daerah lain untuk melakukan studi.

Parulian menerangkan, pada pemilihan yang digelar tanggal 17 April lalu dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 226 pemilih. Yang menggunakan hak pilih berjumlah 202 pemilih.. Namun pada PSU warga yang menggunakan hak pilih hanya 192 pemilih.

"Dalam PSU ini partisipasi warga turun dibandingkan pada pemilihan pertama, karena mahasiswa sudah kembali ketempat mereka kuliah " jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari hasil pemilihan yang digelar tanggal 17 April lalu, untuk Pemilihan legislatif (Pileg) tingkat Kabupaten/kota, PDI Perjuangan menduduki posisi suara tertinggi yakni dengan 55 suara dan disusul dari Partai Golkar dengan 40 suara.

Pada pelaksanaan PSU, posisi pertama diduduki Partai Golkar dengan 88 suara,  disusul Partai Demokrat 71 suara dan Partai Garuda berada pada posisi ketiga dengan perolehan  26 suara. 

Sementara PDI Perjuangan yang mendapatkan suara tertinggi pada pemilihan tanggal 17 April lalu hanya memperoleh 4 suara.

Turut hadir dalam pengawasan pelaksanaan PSU Ketua KPU Mentawai Eki Butman beserta Komisioner, Ketua Bawaslu, TNI/Polri, Satpol PP dan Tim pengawas pemilu baik ditingkat Kecamatan hingga desa. (Nbl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK