Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Kamis, 17 Januari 2019


SASARAINAFM.COM,Tuapejat - Tahun 2019, BPBD Mentawai akan melibatkan kurang lebih 20 OPD terkait, termasuk TNI Polri,  Basarnas, PMI,  dan NGO lainnya dalam kegiatan Simulasi kesiapsiagaan Bencana tepat tanggal 26 April 2019 pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang berpusat di kantor BPBD dan kantor Bupati Mentawai.Keterlibatan beberapa oknum terkait merupakan cikal bakal dari pelaksanaan gelar apel gabungan pasukan siaga bencana November 2018 lalu..

Sebelumnya, pada HKB BPBD lebih melibatkan anak-anak sekolah.
"Nanti ada beberapa alur dalam kegiatan simulasi tersebut dimulai dari Table Top Exercise (TTX) atau geladi ruang.Kita Berdiskusi dengan OPD terkait perannya ketika terjadi bencana. Termasuk menyiapkan rencana dan SOP nya  pada bulan januari-februari. Nanti sesudah nya kita ke alur Command Post Exercise (CPX) atau geladi posko dan Field Training Exercise (FTX) atau geladi lapangan, " ujar Yusuf Hadisumarno Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mentawai, rabu(16/01/2019).

Selanjutnya Yusuf katakan bahwa pada simulasi tersebut turut melibatkan Bupati  yang mengeluarkan Surat Keputusan penanganan darurat bencana atau surat keputusan tanggap darurat bencana.
Adapun anggaran untuk kegiatan tersebut sekira Rp,150 juta.

Yusuf berharap simulasi terkait rencana kontinjensi menghadapi gempa bumi dan tsunami dapat lebih meningkatkan kapasitas Pemerintah daerah dalam hal menghadapi bencana sewaktu-waktu. (KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK