Iklan

Perlunya Pembentukan PATBM dan Pembentukan Pengaduan Perlindungan Anak di Desa

Kamis, 02 Maret 2023, Maret 02, 2023 WIB Last Updated 2023-03-02T08:59:26Z

Program Manager Yayasan Ruang Anak Dunia (Ruandu) Sumatera Barat, Wanda Leksmana saat kegiatan sosialisasi Peningkatan Peran Forum Anak, PATBM di Tuapejat

SASARAINAFM.COM  | TUAPEJAT -
  Perlunya meingkatkan penyediaan pengaduan pelindungan anak di Desa, hal ini disampaikan oleh Program Manager Yayasan Ruang Anak Dunia (Ruandu) Sumatera Barat, Wanda Leksmana saat kegiatan sosialisasi Peningkatan Peran Forum Anak, PATBM dan Lembaga Masyarakat Dalam Pencegahan KTP, KTA, TPPO, ABH dan Perkawinan Anak, di aula Dinas Permodalan dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DP2TP), Kepulauan Mentawai, pada Kamis, (2/3/2023).


Tujuan dari sosialisasi ini untuk mengoptimalkan peranan masyarakat dan Lembaga masyarakat di tingkat Desa, bicara pada perlindungan anak dengan membentuk sebuah Lembaga yang diisi oleh masyarakat yang disebut oleh Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).


“Lembaga yang diisi oleh tokoh-tokoh masyarakat ini bisa berperan untuk melakukan pencegahan dan merespon permasalahan anak seperti kekerasan, usia perkawinan pada anak, masalah Kesehatan anak, tindak perdagangan dan penculikan serta permasalahan -permasalahan lainnya yang terjadi di Desa,” kata Wanda.


Selain itu ia juga menyampaikan bahwa selanjutnya akan dilakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Sipora Selatan dengan kegiatan yang sama dan ia berharap ada output di Desa seperti Standar Operasional Pelayanan (SOP) atau mekanisme pengaduan.


“Seperti misalnya ada masyarakat yang memberikan pengaduan, siapa lembaganya, apa kewenangannya, apakah bisa dilakukan ditingkat Desa, maka SOP itu penting, supaya mendorong perlindungan anak itu di Desa dan mendukung Kabupaten Layak Anak di Kepulauan Mentawai,” ujar Wanda. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perlunya Pembentukan PATBM dan Pembentukan Pengaduan Perlindungan Anak di Desa

Terkini

iklan2

Iklan