Iklan

Wagub Sumbar Pantau Harga Pangan di Kepulauan Mentawai

Selasa, 02 April 2024, April 02, 2024 WIB Last Updated 2024-04-02T02:32:35Z

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak saat melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan menjelang hari raya idul fitri, di Pasar Ibu Km 7 Sipora Utara, Senin (01/04).

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan menjelang hari raya idul fitri, di Pasar Ibu Km 7 Sipora Utara, Senin (01/04).

Audy mengatakan Kabupaten Kepulauan Mentawai satu-satunya daerah Kepulauan yang ada di Sumatera Barat dari 19 Kab/Kota dan harga bahan pangan lebih mahal dibandingkan didaerah lainnya Khususnya di Sumatera barat. 


“ ini satu-satunya kabupaten kepulauan kita yang ada di Sumatera barat dari 19 kab/kota dan biasanya harga pangan di Mentawai lebih mahal dibandingkan daerah didaratan, tapi minggu ini, alhamdullilah sudah stabil, dari harga cabe Rp.40.000,-60.000, per kg di semua Kabupaten Kota di Sumbar dan Insyallah lebaran ini inflasi tetap terkendali ’’Ungkapnya. 


Wagub juga menyebutkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu Produsen dan lumbung pangan holtikultura di Sumatera Tengah serta produsen telur nomor tujuh di Indonesia. Selain itu kata dia harga pangan terkendali menjelang perayaan Idul Fitri tahun 2024. 


"Sumbar merupakan salah satu produsen dan lumbung pangan utama di Sumatera Tengah. Saat ini, harga pangan di wilayah tersebut telah terkendali dan berada dalam kisaran yang normal," ujar  Audy Joinaldy saat mengikuti kegiatan GPM secara Serentak di 514 Kab/Kota di seluruh Indonesia melalui link Zoom.


Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menyebutkan  kegiatan GPM ini merupakan hari yang ketiga belas. Ia menilai GPM ini adalah kegiatan strategis pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga terjangkau. Selain itu, sebagai upaya pengendalian inflasi serta stabilisasi pasokan dan harga pangan.


“Gerakan pangan murah ini sebagai upaya Pemkab Mentawai untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil dalam memenuhi kebutuhan pokok,” kata dia.


Fernando juga, mengecek stok dan harga sejumlah bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam, tepung, dan gula.


Ia menjelaskan bahwa harga bahan pokok yang terpantau di Toko dan Warung relatif stabil dan stok dalam kondisi aman.


Turut hadir Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Pj Bupati Kepulauan Mentawai Fernando J Simanjuntak, Sekretaris Daerah Martinus D, Kapolres AKBP Rory, Kejari, Dandim, Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah dan Masyarakat. {Md}.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wagub Sumbar Pantau Harga Pangan di Kepulauan Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan