Iklan

Pemkab Mentawai Kembali Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

Rabu, 27 Maret 2024, Maret 27, 2024 WIB Last Updated 2024-03-27T16:30:20Z

Musrenbang RKPD tahun 2025 di Aula Bapedda Km 4 Sipora Utara, Selasa ( 26/3)


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025, di Aula Bapedda Km 4 Sipora Utara, Selasa ( 26/3).

Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan Musrenbang ini merupakan salah satu wadah jaring Aspirasi Masyarakat dalam proses perumusan dokumen perencanaan untuk menghasilkan usulan program dan kegiatan berkualitas.


“bapak- ibu Musrembang ini merupakan agenda tahunan pemerintah sebagai perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat untuk menghasilkan usulan program dan kegiatan berkualitas untuk diusulkan pada musrenbang tingkat Kabupaten.’’ Ujarnya.


Fernando juga berharap semua pemangku kepentingan, untuk bersama-sama bergotong royong demi keberlanjutan pembangunan Kabupaten kepulauan Mentawai agar lebih pro aktif,serta penyusunan program yang dimunculkan dari bawah (Button up) yang ada, rasa memiliki dan tanggung jawab bersama serta memiliki nilai luhur Mentawai yaitu "Musara Kasimaeruk" dengan bersatu dalam melakukan  kebaikan.


"Kita menyadari keberhasilan Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kerja sama semua pemangku kepentingan,mari kita rapatkan barisan untuk bergandengan tangan membangun  Mentawai secara sinergi agar permasalahan dapat dientaskan "ajaknya.


Fernando juga menegaskan kepada seluruh Kepala Perangkat daerah agar memahami ,dan menunjukan skala prioritas dengan segala keterbatasan, namun juga harus menangkap ruang potensi pendanaan diluar Kabupaten,baik melalui APBD Provinsi,APBN,pembiayaan Swasta, kerja sama pembiayaan ataupun Penggunaan Dana Desa.


Kata Fernando melalui pelaksanaan Musrenbang, ia berharap adanya peran serta dan kontrol sosial dari masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Hal senada yang disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Yosep Sarogdok lewat Forum ini dapat menyatukan pandangan, Pemahaman,dan memiliki Komitmen yang sama terkait degan kebijakan prioritas pembangunan daerah Pada tahun 2025 yang akan datang.


"Semoga Musrembang RKPD yang kita susun bersama, dapat menjawab permasalahan,yang terjadi ditengah-tengah Masyarakat termasuk Pokok -pokok Pikiran DPRD,yang merupakan permasalahan,Pembangunan Daerah,yang diperoleh berdasarkan penyerapan aspirasi melalui Reses DPRD.’’ Imbuhnya.


Yosep juga berharap kepada seluruh peserta musrenbang, baik organisasi perangkat daerah maupun para pemangku kepentingan pembangunan, untuk dapat berpastisipasi aktif dalam mencurahkan pikiran dan waktu, guna merumuskan dan memantapkan usulan program dan kegiatan, berdasarkan skala prioritas secara arif dan bijaksana, sehingga apa yang terakomodir melalui program dan kegiatan benar benar kegiatan prioritas yang bersifat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan, mempunyai dampak nyata yang langsung menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat.


Acara Musrenbang RKPD  dihadiri Lewat zoom Virtual Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat,Kepala Balai Prasarana Pemukiman Sumatera Barat,Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Sumatera Barat dan Narasumber dihadiri langsung Manager UP III Padang yang merupakan Perwakilan General Manager(GM) PT.PLN. Wilayah Sumatera Barat, Sekretaris Daerah, Kabupaten Kepulauan Mentawai,Para Asisten Setda,Para Staf  Ahli Bupati, Instansi Vertikal,Camat se-Kabupaten,Para Kepala Desa,Para lembaga Profesi,Para Ormas/LSM, Dandim, Kejari, Kapolres dan Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Kepulauan Mentawai. {Kt/md}.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Kembali Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

Terkini

iklan2

Iklan