Iklan

Pemda Mentawai Gelar Penandatangan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA 2023

Rabu, 04 Januari 2023, Januari 04, 2023 WIB Last Updated 2023-01-09T03:56:06Z


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Pemda Mentawai menggelar Penandatanganan pakta Integritas dan Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta penyerahan APBdes di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2023 dengan Tema‘’Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan SDM dan Infrastuktur Ekonomi Daerah yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Martinus Dahlan, di Aula Bapedda, Selasa (03/1/2023).


Dalam sambutannya, Pj bupati Martinus mengatakan jika kegiatan ini merupakan momentum yang penting untuk menggugah dan membangkitkan perhatian seluruh OPD selaku Pengguna Anggaran, terhadap pentingnya pembangunan seluruh sektor untuk mensejahterakan masyarakat supaya bekerja dengan target setiap bulan dan dampaknya harus bisa dirasakan masyarakat khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

‘’ setiap satu bulan team penilai yang saya tunjuk harus memaparkan setiap bulan kegiatan OPD apa kendala dan persoalan dan harus di sampaikan, jika selama 3 bulan itu tidak ada pergerakan, maka dia masuk lampu kuning dan sebelum merah maka harus hati-hati. Jelek dan bagus nilai kinerja Bupati adalah tergantung kepada Bapak-bapak pimpinan OPD’’ Ujar Martinus.



Terselenggaranya penandatanganan pakta integritas ini lanjutnya, dengan tujuan agar semua OPD memiliki persamaan persepsi, dan persamaan komitmen dalam menyelesaikan kegiatan, atau melaksanakan APBD sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tidak menyimpang dari tujuan yang telah ditentukan. Selain itu agar tercapai pelaksanaan APBD yang transparan, efektif, efisien, akuntabel, tepat waktu dan tepat manfaat, guna mensejahterakan masyarakat.


Sesuai dengan ketentuan Pasal 89 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri menerbitkan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 yang digunakan sebagai acuan Pemerintah Daerah dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2023. dengan diserahkannya DPA berarti semua aktivitas pembangunan dan pemerintahan di jajaran pemerintah setempat siap dilaksanakan atas dasar dokumen yang jelas dan terencana. 


Lebih lanjut ia mengatakan kepada pimpinan OPD  di tahun 2023 lebih memprioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur,SDM, Ekonomi dan penekanan Inflasi. Kemudian pihaknya meminta kepada Sekda dan Inspektorat untuk tahun 2023 tetap mengawal proses jelang kegiatan ini di lakukan, serta konsultasi-konsultasi harus dibatasi.


Ia berharap kepada pimpinan OPD  Penandatanganan Pakta Integritas adalah sebagai bentuk konsekuensi yang akan ditagih pertangungjawabannya pada akhir tahun. Tentunya apabila tidak sesuai dengan yang disepakati maka anggaran SKPD tersebut akan di pangkas dan ada konsekwensi lainya. Ia juga meminta kepada pimpinan OPD agar dapat bekerja maksimal tanpa perlu di tegur terlebih dahulu. Jika para pimpinan OPD dan Pejabat Eselon III di lingkungan Pemkab Mentawai siap mengundurkan diri dari jabatannya, jika tidak bisa menjalankan tugasnya dan tanpa memiliki inovasi untuk peningkatan pembangunan di lingkungan OPD masing-masing.


Turut mendampingi pada penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA Plt Sekretaris Daerah Rinaldy, beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Md)


Video Terkait :



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemda Mentawai Gelar Penandatangan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA 2023

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan