Iklan

LPPL Radio Sasaraina FM Mentawai Bersama 17 LPPL Radio Se Indonesia, terpilih Sebagai 18 LPPL Radio Terbaik di Ajang Anugrah Indonesia Award 2021

Minggu, 19 Desember 2021, Desember 19, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T18:31:08Z


SASARAINAFM.COM I Tembilahan, Inhil - LPPL Radio Sasaraina FM Mentawai Bersama 17 LPPL Radio se Indonesia, terpilih  Sebagai 18 LPPL Radio Terbaik di Ajang Anugrah Indonesia Award 2021 18 Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Indonesia meraih predikat Terbaik di ajang penghargaan INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021. Pemberian Award dilakukan secara virtual zoom dari Kota Tembilahan, Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir Riau, Sabtu (18/12/2021) siang dan disiarkan live Youtube Gemilang TV, LPPL TV milik Pemkab Indragiri Hilir dan Youtube LPPL Radio Sasaraina FM Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Acara dihadiri daring oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.ID) yang sedang berada di Yogyakarta.


Penghargaan terbagi dalam enam Kategori, dengan masing – masing ditetapkan sebagai Terbaik I, II dan III dengan hadiah uang pembinaan total senilai Rp 103,5 juta. Meliputi Reportase Terbaik, Presenter Terbaik, Radio Host Terbaik, ILM Terbaik, Talkshow Terbaik, dan Kelembagaan LPPL Terbaik. Untuk tiga kategori pertama sama dengan yang dilombakan tahun 2020 lalu, sedangkan tiga kategori yang lain baru dilombakan pada tahun 2021 ini.


“Hadirnya Mas Ganjar diharapkan dapat menjadi spirit bagi teman – teman LPPL untuk dapat lebih maju dan termotivasi dalam program acara dan kelembagaannya,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir Trio Beni Putra selaku Wakil Sekjen 2 INDONESIAPERSADA.ID sebagai Tuan Rumah saat menyampaikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan.


Pada kesempatan itu, Ketua Umum hadir dalam segmen khusus “Mas Ganjar Jadi Penyiar” memandu dialog interaktif dengan bintang tamu Astri Megatari. Sosok ini dikenal sebagai public speaker dengan pengalaman jadi Putri Jawa Barat dan Finalis Putri Indonesia Tahun 2008, serta berpengalaman beberapa tahun sebagai jurnalis dan presenter televisi. Saat masuk ke segmen tersebut, Mas Ganjar dipandu duet host Rini Dwi Masmuda dari LPPL Radio Abdi Persada FM Provinsi Kalimantan Selatan dan Wahyu Riyadi dari LPPL Radio Gema Bungo FM Jambi.


Sebelum memberi kesempatan Mas Ganjar Jadi Penyiar, host Wahyu terlebih dulu menanyakan bagaimana caranya agar LPPL bisa menjadi trending topic seperti Ketua Umum.


“Jangan memberi suguhan yang berat – berat kepada pendengar. LPPL harus bisa mengemas bagaimana sajian acara yang berat itu menjadi hal – hal receh yang lebih gampang diterima pendengar dalam kehidupan sehari – hari. Materi boleh berat, tapi mengemasnya harus menjadi sesuatu yang ringan dan mengena. Seperti yang saya alami, kalau memberikan sambutan, tidak lagi disebutkan semuanya satu – satu. Tapi cukup satu atau dua saja, kemudian dikemas dengan kalimat yang sederhana tapi tetap sopan. Sehingga tidak membosankan dan pesan yang kita sampaikan mengena,” terang Mas Ganjar panjang lebar.


Hal tersebut dibuktikan Mas Ganjar saat memandu dialog interaktif dengan Astri Megatari. Berlangsung sangat cair, hidup, menarik, dan pesan yang ingin disampaikan dapat dicerna dengan seksama. Salah satunya, tergali bahwa sosok Astri yang identik dengan dunia putri – putrian, ternyata penyuka mata pelajaran Matematika. Usut punya usut, di dunia lomba kecantikan seperti Putri Indonesia, unsur brain (kecerdasan – red) juga menjadi pertimbangan. Juga ketahuan bahwa orang tua Astri Megatari sangat nge – fans dengan Astri Ivo aktris Indonesia dekade tahun 1980 – an. 


Terkait strategi branding LPPL agar semakin mendapatkan perhatian pendengar, Astri Megatari mengatakan, sebagai salah satu jenis media massa maka LPPL harus adaptif dengan perkembangan era digital.


“LPPL harus bisa tampil milenial, agar tidak ditinggalkan oleh mayoritas masyarakat, agar bisa diterima oleh semua segmen pendengar karena radio publik target pendengarnya umumnya bersifat general,” kata Astri.


Mengakhiri sessi Mas Ganjar Jadi Penyiar, Ketua Umum secara khusus memberikan apresiasi dukungan semangat pada seluruh Pengurus INDONESIAPERSADA.ID dan Anggota, atas terselenggaranya INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua Umum kepada Bupati Indragiri Hilir HM Wardan, yang berhalangan hadir karena harus berada di tengah – tengah warga Suku Laut di Desa Panglima Raja Kecamatan Concong yang rumahnya menjadi korban banjir rob. 


Mas Ganjar juga mengucapkan selamat kepada LPPL yang dinobatkan sebagai yang Terbaik untuk masing – masing kategori. Adapun untuk Dewan Juri adalah A.A.I Prihandari Satvikadewi, M.Med.Kom dosen Untag Surabaya, Achmad Abdul Basith, S.Ikom, M.Ikom dosen Unpad yang saat ini terpilih sebagai Komisioner KPID Jabar, Dwi Hernuningsih Dewas RRI Periode 2015 – 2021, Ervan Wahzudin News Producer Kompas TV, Latief Siregar Wapimred iNews TV, dan Yohana Elizabeth Hardjadinata seorang Strategic Business Development Director sebagai Ketua Yayasan Bentang Merah Putih mitra Ditjen Polpum Kemendagri dalam penyebarluasan nilai – nilai Pancasila dan Nasionalisme. 


Berdasarkan hasil penilaian Juri, untuk Kategori Reportase Terbaik berturut – turut Terbaik 1, 2, dan 3 adalah Zain Arifah (LPPL Radio Gemilang FM Indragiri Hilir Riau) – Haries Bram (LPPL Radio Sonata FM Kota Bandung Jabar) – Elisa Anwiyana (LPPL Radio Gema Randik FM Musi Banyuasin Sumsel).


Kategori Presenter Terbaik 1, 2, dan 3 adalah Tya Ariesta (LPPL Radio Gagakrimang FM Blora Jateng), Destiny Azizah (LPPL Radio Suara Banjar FM Kalsel), Ari Amrizal (LPPL Radio Swara Kampar FM Riau). 


Kategori Radio Host Terbaik 1, 2, dan 3 adalah LPPL Radio Abdi Persada FM Provinsi Kalimantan Selatan, LPPL Radio Suara Ngawi FM Jatim, LPPL Radio Sasaraina FM Kepulauan Mentawai Sumbar.


Kategori Talkshow Terbaik 1, 2, dan 3 adalah LPPL Radio Gemilang FM Jateng (Bincang Sehat Keluarga), LPPL Radio Dimensi Baru FM Lampung Selatan Lampung (Pendidik Masa Pandemi), LPPL Radio Gema Bungo FM Jambi (Memahami Covid-19).


Kategori Kelembagaan LPPL Terbaik 1, 2, dan 3 adalah LPPL Radio Slawi FM Kabupaten Tegal Jawa Tengah, LPPL Radio Suara Pasuruan Jawa Timur, LPPL Radio Publik Kota Denpasar Bali.


Kategori ILM Terbaik1, 2, dan 3 adalah LPPL Radio Buana Asri FM Sragen Jateng (ILM Pakai Masker), LPPL Radio Purbasora Pass FM Tasikmalaya Jabar (ILM Pakai Masker), LPPL Radio Suara Tabalong FM Kalsel (ILM Gerakan Vaksinasi).


Pelaksanaan awarding yang dipandu duet MC Zain Arifah dan Ratna Dewi dari LPPL Radio Gemilang FM Indragiri Hilir Riau, juga membacakan dua nominee dan pemenang Lomba Desain Logo dan Merchandise INDONESIAPERSADA.ID. Nominee dan pemenang Lomba Desain ini dipilih langsung oleh Ketua Umum. 


Pemenang Lomba Desain Merchandise Mug adalah Hamzah Hafiz dan Muhammad Taukhid untuk Merchandise Kaos. Sedangkan untuk dua nominee Lomba Desain Kaos adalah Hamzah Hafiz dan Prisma Devi Madania. Menelusuri data yang dikirim pemenang, Hamzah Hafiz adalah seorang Graphic Designer di Padang Sumbar. Kemudian Muhammad Taukhid adalah desainer grafis beralamat di Sleman Yogyakarta. (dio)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LPPL Radio Sasaraina FM Mentawai Bersama 17 LPPL Radio Se Indonesia, terpilih Sebagai 18 LPPL Radio Terbaik di Ajang Anugrah Indonesia Award 2021

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan