bannerwebsasarainaedit

Iklan

Bupati Kepulauan Mentawai Buka FTL dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya Mentawai, Dan Ini Pesannya

Kamis, 25 November 2021, November 25, 2021 WIB Last Updated 2021-11-25T02:00:50Z


SASARAINAFM.COM │ TUAPEJAT  - Yudas Sabaggalet, Bupati Kepulauan Mentawai mengajak masyarakat Mentawai untuk berdikari bagi dirinya sendiri dan orang lain serta dapat mengabdi kepada bangsa dan negara melalui jati diri / identitasnya.


"Mentawai memang satu-satunya daerah 3T di Sumatera Barat, bahkan mungkin di Sumatera. Meski demikian, jangan pesimis. Kita harus bangkit dengan keyakinan diri kita sendiri bahwa kita juga sama dengan yang lain,"imbau Yudas saat pembukaan FTL dan konferensi internasional tradisi lisan budaya Mentawai beberapa waktu lalu di Bujai Mentawai Griya Hotel.


Menurut Yudas, penting sekali menjaga identitas dan membangun kepercayaan diri. Untuk berkembang dan bergerak, modal utama yang harus dimiliki adalah budaya, spirit, dan gerakan dari dalam. 


"Itu yang paling penting dalam pembangunan ini, supaya kita tidak menyalahkan orang dan tidak tergantung pada yang lain. Kita harus bangkit membangun diri kita sebagai orang Mentawai sekaligus bangsa ini,"tutur Yudas.



Ia menambahkan, bahwa jika pembangunan fisik tidak dibarengi dengan pembangunan kebudayaan dan modal pada dirinya, fisik itu akan berlalu begitu saja.


Menurut Yudas, budaya Mentawai belum berkembang sebagaimana mestinya. Pemerintah sudah berupaya membangun, namun budaya insan tersebut belum. "Budaya lebih kepada apa yang dipikirkan, direnungkan dan dicita-citakan oleh manusia. Melalui kehadiran ATL kita berharap dapat mengkaji kondisi tradisi dan budaya Mentawai sehingga menjadi modal bagi kami untuk pembangunan daerah ini,"katanya.


Ia menambahkan, bahwa perbedaan yang ada merupakan kekayaan dan jangan sampai menjadi kecut. Budaya bermanfaat bagi pembangunan daerah dan sebaiknya warga Mentawai maju dengan tetap menjaga jati diri budayanya.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Kepulauan Mentawai Buka FTL dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya Mentawai, Dan Ini Pesannya

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan