Iklan

Mahasiswa AKN Mentawai Produksi Minuman Fungsional Kiniu Raba

Senin, 05 Juli 2021, Juli 05, 2021 WIB Last Updated 2021-07-05T01:54:52Z


SASARAINAFM.COM  │TUAPEJAT -
Inovatif, mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Mentawai program studi teknologi pangan berhasil memproduksi minuman kiniu raba atau kunyit asam  dalam kemasan.


Minuman fungsional yang berkhasiat bagi kesehatan tersebut diolah dari rempah alami berbahan dasar kunyit, asam jawa, gula merah, air, dan garam, tanpa bahan pengawet.


Dosen pembimbing wirausaha kiniu raba di AKN tersebut, Iwan Saputra mengatakan bahwa inovasi tersebut termotivasi dari arahan Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk jadi dan dipasarkan ke luar daerah sehingga nilai jualnya lebih tinggi.


"Dasar kami mengolah minuman fungsional Kiniu Raba ini, selain dari yang digaungkan Bupati Mentawai, juga kami prihatin melihat kondisi ekonomi mahasiswa kita sehingga melalui gebrakan ini, selain skillnya bertambah, juga ada pemasukan," tutur Iwan beberapa waktu lalu kepada reporter Sasaraina.


Menurutnya, kunyit yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh cukup melimpah di Mentawai dan dapat dibeli dengan harga terjangkau.


Kiniu raba produksi mahasiswa AKN dijual seharga Rp,15 ribu per botol. Iwan menyebutkan bahwa minuman tersebut dapat bertahan selama satu minggu jika disimpan di dalam freezer, namun untuk suhu ruang sebaiknya dikonsumai dalam jangka waktu tiga hari. 


"Harapan kita ke depan, minuman Kiniu Raba bisa menjadi komoditi yang bisa dinikmati wisatawan dan bahkan menjadi oleh-oleh khas Mentawai," tandasnya.


Diketahui beberapa manfaat minuman Kunyit asam ini diantaranya, mengatur gula darah, mencegah risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, menekan risiko komplikasi jantung, meningkatkan fungsi otak, meredakan nyeri haid, dan menurunkan berat badan. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa AKN Mentawai Produksi Minuman Fungsional Kiniu Raba

Terkini

iklan2

Iklan