bannerwebsasarainaedit

Iklan

Wabup Mentawai Buka Kegiatan Lomba Desa / Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar di Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara

Sabtu, 19 Juni 2021, Juni 19, 2021 WIB Last Updated 2021-06-19T08:08:14Z

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake saat melihat persiapan panitia lomba

SASARAINAFM.COM  │ MUARA SIKABALUAN - Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake membuka acara Lomba Desa / Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara pada Selasa, (15/6/2021).


Dalam hal ini Desa Muara Sikabaluan mewakili Mentawai pada lomba Desa berprestasi tingkat Provinsi tersebut.


Kortanius dalam arahannya mengatakan, di Indonesia saat ini memberikan kepercayaan yang besar kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara langsung dalam setiap proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Hal itulah menurutnya yang memberikan efek ganda sekaligus menetapkan masyarakat selaku subjek pembangunan. 


"Oleh sebab itu, peran Kepala Desa dalam mendorong serta berpartisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan, pemerintahan, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di Desa," Katanya.


Dengan diterbitkannya peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, dimaksudkan untuk mengetahui efektifitas, status perkembangan serta tahapan kemajuan desa. Melalui instrumen ini, dapat dinilai serta ditentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.


"Kita semua menyadari, lomba yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai tolak ukur untuk melihat efektifitas dalam membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat. Sebab, dengan lomba itu menjadi stimulan bagi masyarakat untuk membangun desanya. Ini bisa menjadi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga desa, dan masyarakat desa untuk berupaya lebih giat lagi dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada, pungkasnya", ungkap Kortanius.

 

Kortanius Sabeleake mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengucapkan selamat datang di Bumi Sikerei dan selamat menilai Desa/Nagari berprestasi di Muara Sikabaluan. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup Mentawai Buka Kegiatan Lomba Desa / Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar di Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan