Iklan

DPRD Mentawai Harapkan Telkomsel Dapat Layani Akses Internet Berbasis 4G di seluruh Daerah di Kepulauan Mentawai

Rabu, 24 Februari 2021, Februari 24, 2021 WIB Last Updated 2021-02-24T03:24:24Z

Tower BTS 4G Telkomsel

SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT -
Guna meningkatkan akses komunikasi di Kepulauan Mentawai, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Mentawai mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mentawai dalam rangka dengar pendapat terkait kendala-kendala dan solusi yang terbaik agar Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat akses komunikasi dan informasi yang baik.


Kepala Dinas Kominfo Mentawai, Heri Robertus saat di undang menyampaikan kendala-kendala selama ini yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembangungan tower bisnis (Telkomsel) di Kepulauan Mentawai.


“Apa kendala tower-tower bisnis yang tidak 4G, sampai saat ini tower bisnis yang sudah 4G itu baru Sikabaluan (Kecamatan Siberut Utara), lalu di Tupaeijat (Kecamatan Sipora Utara) seluruhnya, sedangkan di Siberut (Kecamatan Siberut Selatan) baru awal tahun 2021 menjadi 4G, namun masih proses upgrade dimana ada proses didalamnya, setidaknya pihak Telkomsel sudah berupaya melakukan upgrade, itu di Muara Siberut,” kata Heri, Selasa (23/2/2021).


Dari hasil diskusi Dinas Kominfo Mentawai bersama General Manager (GM) Telkomsel tahun lalu saat berkunjung ke Kepulauan Mentawai, Dinas terkait juga menyampaikan bahwa masih ada beberapa daerah atau Kecamatan di Mentawai yang belum mendapat jaringan 4G bahkan tower Telkomsel itu sendiri, salah satunya Saibi (Kecamatan Siberut Tengah).


“Saat kunjungan GM Telkomsel ke Mentawai tahun lalu, kita sampaikan juga bahwa Saibi juga bisa di 4G kan kaya Siberut Utara dan Siberut Selatan, karena itu memungkinkan untuk dilakukan, beda halnya yang tidak bisa mereka lakukan kaya di Sioban (Kecamatan Sipora Selatan) dan di Sikakap,” ungkap Heri.


Ia menjelaskan bahwa di Sioban yang menjadi kendala yakni jarak tembuk jarak tembak radio (sinyal) dari tower utama (Padang) ke arah Sioban cukup jauh termasuk di Sikakap, menurut Heri bahwa sinyal sangat berpengaruh dengan lengkung bumi dimana tidak ketemunya antara pengirim dan penerima sinyal.


“Ini akibat tidak ketemunya antara pengirim dan penerima sinyal begitu juga sebaliknya, kalau tidak ketemu dia maka tidak bisa, kalau pulau Siberut dan pulau Sumatera itu masih ketemu karena memang dekat, dimana tower induknya di Sumatera Barat bisa menerima dan mengirim sinyal,” jelasnya.


Dinas terkait menyampaikan kepada Komisi 2 DPRD Mentawai bahwa solusi yang bisa dilakukan untuk Sioban sebelumnya yang terkait melakukan koordinasi dengan Telkom agar ada upaya penarikan kabel Fiber Optik (FO) dari Tuapeijat ke Sioban yang mana satu-satunya solusi yang bisa melakukan adalah Telkom.


“Nah, jika fiber optiknya sudah ditarik sampai ke Sioban maka tower Telkomsel itu bisa mengambil akses data 4G nya dari FO yang ditarik itu, selain itu masyarakat setempat sepanjang jalan yang dilewati FO juga bisa menikmati jaringan internet Indihome (fasilitas) di rumah secara mandiri, seperti di Goisooina, sampai ke Sioban, karena saat kita koordinasi dengan telkom memang ada hal-hal yang sangat teknis sifatnya yang tidak memungkin mereka menarik kabel itu,” a.


Selain itu yang menjadi kendala lainnya telkom melakukan penarikan kabel FO, yakni kondisi Kantor Plaza Telkom yang kurang maksimal untuk melakukan upgrade peralatan, untuk itu pihak telkom sendiri masih mencari solusi agar kantor plaza telkom di Tuapeijat bangun baru sehingga ruang gerak peralatan atau tempat peralatan telkom bisa dimuat lebih banyak lagi.


“jadi mereka ingin bagaimana kalau kantronya ini mereka perbesar sehingga ruang gerak peralatan mereka bisa leluasa sehingga mereka siap untuk mengembangkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna, dari dengar pendapat ini masih ada tindak lanjutnya ke PT. Telkom, tapi mereka siap untuk membantu melakukan pengembangan jaringan di Tuapeijat khususnya,” jelasnya.


Sementara di Sikakap kata Heri karena pulaunya terpisah maka akan dilakukan sistem jaringan seri atau estafet sebab sangat sulit untuk dilakukan penarikan FO, janringan estafet bisa dilakukan dengan pembangunan tower berjejer dari sampai di Sikakap sebagai pemgirim jaringan dan sebaliknya, sehingga Mentawai juga bisa terkoneksi. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPRD Mentawai Harapkan Telkomsel Dapat Layani Akses Internet Berbasis 4G di seluruh Daerah di Kepulauan Mentawai

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan