Iklan

Perkuat Peran Media Dalam Upaya Mencapai Tujuan SDGS, Bappenas Luncurkan SDGS Media Compact

Minggu, 06 Desember 2020, Desember 06, 2020 WIB Last Updated 2020-12-06T12:42:01Z

Kepala Sekretariat SDGs Indonesia sekaligus Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia “Winny” AdininggarWidyasanti 

SASARAINAFM.COM │ JAKARTA
–Untuk meningkatkan keterlibatan dan peran media massa dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), Kementerian PPN/Bappenas melalui Sekretariat Koordinasi Nasional TPB/SDGs Indonesia meluncurkan SDGs Media Compact Indonesia.

 


“Berdasarkan Intelligence Media Management, dari 50 media di Indonesia, baru sekitar empat persen yang konsisten memberitakan dan menyebarkan semangat pencapaian pembangunan berkelanjutan. Dengan kondisi, pemahaman, dan keterlibatan media yang belum intensif di Indonesia, oleh karena itu, perlu dibentuknya SDGs Media Compact di Indonesia,” ujar Kepala Sekretariat SDGs Indonesia sekaligus Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia “Winny” AdininggarWidyasanti dalam Webinar Peran Media dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta Peluncuran SDGs Media Compact Indonesia yang juga dihadiri Duta SDGs Indonesia Billy Mambrasar dan Alissa Wahid pada Sabtu (5/11).

 

TPB/SDGs yang menjadi salah satu amanat dalam dokumen rencana pembangunan nasional, baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) maupun di Rencana Kerja Pemerintah, adalah memiliki 17 tujuan yang meliputi berbagai sektor pembangunan, aspek pembangunan, dan berbagai aspek kehidupan. Kemitraan antara pemerintah pusat dan parlemen, hingga filantropi, bisnis, akademisi, pakar, organisasi masyarakat dan juga media sangat penting untuk mempercepat capaian pembangunan berkelanjutan melalui TPB/SDGs.

 

“Pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia harus menjadi komitmen bersamadan media harus berperan dalam merajut itu semua karena media menjadi corong terdepan untuk memberikan informasi kepada semua pihak,” ujar Winny.

 

Di tingkat internasional, SDGs Media Compactsudah diluncurkan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September 2018. Hingga 2020, 100 media dari 160 negara tercatat menjadi anggota, termasuk tigaanggota media asal Indonesia. Selain menjadi respons Indonesia untuk mendorong peran media dalam menyebarkan semangat pencapaian TPB/SDGs di Indonesia, SDGs Media Compact Indonesia juga berperansebagai wadah kolaboratif bagi pegiat media untuk berkolaborasi dalam kampanye TPB/SDGs di Indonesia. Ke depan, sebagai kanal informasi resmi TPB/SDGs, SDGs Media CompactIndonesia akan menyebarkan editorial bulanan yang dapat menjadi acuan bagi media untuk meneruskan informasi pencapaian dan program TPB/SDGs melalui pemberitaan untuk publik.

 

SDGs Media Compact Indonesia dapat diakses melalui media-sdgs.id dan akan segera diresmikan di 2021. Seluruh institusi media di Indonesia didorong untuk berpartisipasimeningkatkan komitmen dan intensitas editorial sehingga informasiTPB/SDGs dapat dipahami publik dan pada akhirnya menimbulkan langkah inisiatif, kolaboratif, partisipatif, dan produktif dari masyarakat untuk mendorong upaya pencapaian TPB/SDGs.

 

“Kami berharapdengan peranan media yang semakin besar, ini akan meningkatkan kesadaran maupun awareness masyarakat terhadap TPB/SDGs dan menjadi sarana edukasi masyarakat mengenai pentingnya TPB/SDGs untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” pungkas Winny. (dio)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Peran Media Dalam Upaya Mencapai Tujuan SDGS, Bappenas Luncurkan SDGS Media Compact

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan