Iklan

Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 yang digelar secara virtual.

Kamis, 03 Desember 2020, Desember 03, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T17:25:51Z

Logo hari Disabilitas Internasional 2020 

SASARAINAFM.COM I JAKARTA  -
Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tahunnya pada 3 Desember.


Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Disabilitas Internasional sejak tahun 1992. 


Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan. 


Tahun ini, tema Hari Disabilitas Sedunia adalah Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World, atau membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih ekslusif, lebih berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. 


Dalam rangka memperingati hal tersebut, Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 yang digelar secara virtual. 


Tujuannya adalah agar masyarakat luas dapat turut menikmati berbagai karya dan kemampuan yang dimiliki para penyandang disabilitas. 


Sehingga masyarakat akan lebih memahami dan lebih peduli tentang ragam disabilitas yang ada di sekitar dengan memberikan kesempatan yang sama serta menyediakan aksesibilitas untuk berpartisipasi aktif sebagaimana warga negara lainnya. 


Berikut ini adalah rangkaian acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 yang digelar Kemensos mulai 18 November-3 Desember 2020. 


  • Peluncuran website Creative Disabilities Gallery digelar pada 18 November 2020. 
  • Opening Ceremony dan konferensi pers digelar pada 18 November 2020. 
  • Disabilities Show (Variety Show) digelar pada 30 November -3 Desember 2020. 
  • Creative Disabilities Award digelar pada 18 November-3 Desember 2020. 
  • Key Opinion Leader Support digelar pada 18 November-3 Desember 2020. Acara Puncak HDI 2020 akan digelar pada 3 Desember 2020. 
  • Dalam website Creative Disabilities Gallery, pengunjung dapat melihat sejumlah pameran dari lembaga UMKM seluruh Indonesia secara virtual. 
  • Website tersebut didesain sedemikian rupa agar pengunjung dapat menikmati acara seperti datang langsung ke lokasi pameran. 


Disabilities Show adalah sebuah program dalam bentuk variety show yang dikemas secara ringan, menarik tetapi tetap memiliki nilai-nilai edukasi kepada pemirsa untuk lebih aware terhadap para penyandang disabilitas. 


Acara tersebut dapat disaksikan lewat akun YouTube Kemensos RI, stasiun TVRI dan radio RRI pukul 11.00 WIB-12.00 WIB. 


Berikut ini adalah rangkaian acara Disabilities Show yang digelar mulai 30 November-3 Desember 2020. 

  • Episode 1 (30 November 2020): Tema Familiy Support yang dibawakan oleh Ibu Grace (Kemensos RI) dan Ibu Annie (Ketua HDI 2020). 
  • Episode 2 (1 Desember 2020): Tema Kewirausahaan Penyandang Disabilitas yang dibawakan oleh Eva Rahmi Hakim (Direktur RSPD Kemensos), Kitorato dengan Kopi Kita Setara, dan Agus Triana. 
  • Episode 3 (2 Desember 2020): Tema Atensi yang dibawakan oleh Harry Hikmat (Ditjen Rehsos), Zudan Arif (Ditjen Dukcapil) dan Nurul (LSM SAPDA). 
  • Episode 4 (3 Desembr 2020): Tema Peran/Kewajiban Negara dan Keragaman Disabilitas yang akan dibawakan oleh Juliari P Batubara (Mensos RI). Kemudian, acara Creative Disabilities Award merupakan Sebuah ajang penampilan aktifitas dan kreatifitas yang dimiliki oleh tiap-tiap balai rehabilitasi penyandang disabilitas. Sementara, Key Opinion Leader Support digelar dengan mengundang sejumlah tokoh publik. 

Menurut Kemensos, kesadaran program ini akan tersampaikan dengan baik bila dikemas dengan hal yang menarik dan disampaikan dengan komunikatif oleh para "influencer" di media sosial. 


Untuk itu ini menjadi hal yang cukup penting dalam membantu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang disabilitas. Kemudian, acara puncak HDI 2020 akan digelar pada Kamis (3/12/2020) besok mulai pukul 09.30 WIB. Semua rangkaian acara tersebut dapat disaksikan lewat aplikasi Zoom dan channel YouTube Kemensos RI. (dio)


Sumber :


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan program acara Hari Disabilitas Internasional 2020 yang digelar secara virtual.

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan