Iklan

Berita Indonesia Live (BIL) Menjawab Kebutuhan Jaring Berita Radio

Sabtu, 26 Desember 2020, Desember 26, 2020 WIB Last Updated 2020-12-26T01:33:30Z


SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT -
Banjir informasi melalui media internet tidak akan mematikan sajian berita radio. Justru sebaliknya, kondisi tersebut menantang para jurnalis radio tetap eksis di tengah gelombang kemajuan teknologi. Caranya, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi itu sendiri.


Hal tersebut seperti disampaikan Pemimpin Redaksi (Pemred) Berita Indonesia Live Rita Zoelkarnaen, Jum’at (25/12) dalam acara Radio Interview – Ngobrol Bareng Redaksi Berita Indonesia Live di LPPL Radio Sasaraina FM Kepulauan Mentawai Sumatera Barat jam 21.00 – 22.00 WIB. Acara itu juga disiarkan bersama melalui koneksi streaming oleh LPPL Radio Mahardhika FM Kota Blitar Jawa Timur.



Berita Indonesia Live (BIL) adalah program berita unggulan dari Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.ID) dan pertama kali on air pada 28 Oktober 2019. Selanjutnya disiarkan setiap hari, Senin – Jum’at, jam 14.00 – 14.30 WIB dan re – airing jam 09.00 – 09.30 WIB. Menyajikan berita – berita aktual dari berbagai daerah di Indonesia secara live oleh para Reporter Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dan disiarkan serentak oleh 62 LPPL anggota INDONESIAPERSADA.ID yang tergabung dalam Redaksi BIL.


Dalam wawancaranya dengan host acara Rahadio dari LPPL Radio Sasaraina FM, Rita menjelaskan, BIL justru hadir karena menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan informasi – informasi lokal antar daerah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi diyakini, saat ini masyarakat juga sudah jenuh dengan banjir informasi yang belum tentu benar alias hoax.



“Masyarakat sudah jenuh dengan berita- berita yang kadang tidak jelas kevalidannya. Hadirnya BIL (Berita Indonesia Live – red) menjawab kebutuhan masyarakat akan berita – berita baik yang memberikan efek manfaat membangkitkan rasa optimisme di daerah,” terang Rita yang juga tercatat sebagai Wakil Sekjen 1 INDONESIAPERSADA.ID tersebut.


Untuk mempertahankan kecepatan informasi selaras dengan kelebihan media radio, dalam penyajiannya BIL memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Penyiaran serentak menggunakan media streaming yang dimiliki radio yang terjadwal sebagai radio host secara bergiliran.


Seperti pada Edisi Pekan LX Periode 21 – 25 Desember 2020 yang terjadwal sebagai radio host adalah LPPL radio Suara Banjar FM Martapura Kalimantan Selatan. Para reporter yang terjadwal live report melalui beberapa jaringan panggilan misalnya saluran GSM atau sarana lain seperti zoom. Sedangkan radio – radio anggota jaringan menyiarkan serentak melalui akses streaming www.RSB.banjarkab.go.id.* (rit’z)

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berita Indonesia Live (BIL) Menjawab Kebutuhan Jaring Berita Radio

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan