Wagub Sumbar Berpesan Minta Perairan Mentawai Dikawal Ketat - SasarainaFM

Breaking

radio

Jumat, 05 Juni 2020

Wagub Sumbar Berpesan Minta Perairan Mentawai Dikawal Ketat

Wagub Sumbar Nasrul Abit saat meninjau perairan laut di Sikakap
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta kepada Danlanal Mentawai, Letkol Laut Anis Munandar agar menjaga ketat wilayah perairan Bumi Sikerei dari pencurian ikan dan penyelundupan.

"Mentawai memiliki aset sumber daya alam bahari yang melimpah. Banyak  potensi kelautan dan perikanan yang cukup bagus bagi pencari ikan. Saya meminta Danlanal beserta jajarannya untuk menjaga perairan Mentawai bebas dari incaran oknum yang dapat menyalahgunakan kekayaan di dalamnya," kata Nasrul Abit saat mengujungi Pulau Sikakap beberapa saat lalu.

Ia mengimbau agar stakeholder terkait jangan sampai lengah dan mengabaikan potensi yang ada.

Ia juga berharap sektor perikanan dan kelautan bisa berkembang.

"Hasil produk laut perlu dikembangkan agar Sumbar mampu memenuhi permintaan produksi pasar nasional bahkan ekspor," katanya.

Menanggapi hal tersebut Letkol Laut  Anis Munandar menyatakan kesiapannya untuk menjaga keamanan perairan di sekitar wilayah kerjanya, seperti menjaga jalur lalu lintas, perdagangan, dan aktifitas ilegal lainnya.

"Kita berharap dalam pengamanan laut
seluruh pihak turut mendukung menjaga pengawasan dan penegakan hukum perairan laut Mentawai dari aksi penyelundupan, pencurian ikan, illegal fishing, penambangan liar, dan pengawasan imigran ilegal," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa oknum yang ditemukan melanggar aturan di perairan tersebut akan ditindak tegas.

Untuk melaksanakan patroli di wilayah perairan Mentawai yang luas, pihaknya akan didukung tim Lantamal II Padang.

"Tidak ada tempat bagi pelanggar di Mentawai. Dalam patroli kita akan mengutamakan menjaga keamanan perairan, mulai dari pangkal sampai ujung pulau Mentawai bagian barat Sumatera,” katanya.(KS)