Hati-hati Penipu Mengatas-namakan Pejabat Mentawai Beredar di Medsos - SasarainaFM

Breaking

radio

Minggu, 07 Juni 2020

Hati-hati Penipu Mengatas-namakan Pejabat Mentawai Beredar di Medsos

Ilustrasi : sumber foto internet
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT- Viral penipuan yang mengatasnamakan salah seorang Pejabat daerah Kepulauan Mentawai dengan cara meminta pulsa serta pinjam uang kepada orang-orang dan juga staf Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Usaha Kecil Menengah (Disperindag dan UKM) Kepulauan Mentawai.

Neneng Nofrika, salah satu staf Koperindag dan UKM  Kepulauan Mentawai, melalui pesan status Facebooknya @Neneng Nofrika, menjadi korban penipuan yang mengatas-namakan pejabat daerah tersebut, ia menyampaikan bahwa penipu  meminta pulsa kepada korbannya.

"Hati-hati dengan nomor ini ya sahabat fb… Dia ada di sekitar kita untuk menipu, dengan foto profil Pejabat Mentawai +6285282994460, minta transfer pulsa dan pinjam uang," Tulisnya di beranda Facebooknya.

Dilihat dari komentar lain di statusnya banyak yang bertanya-tanya, bahkan ada juga yang menyarankan agar nomor pelaku dilaporkan ke pihak berwajib.

Tak hanya itu, staf Disperindag dan UKM lainnya juga tertipu, dilihat dari hasil screenshot chatting WA, Chandra sempat mengirim pulsa sebanyak 200 ribu, dengan alasan akan segera diganti dengan pengiriman dua nomor berbeda.

Penipu tersebut mengatas-namakan Kepala Dinas Koperindag UKM Kepulauan Mentawai, Elisa Siriparang dan juga Pejabat daerah lainnya yaitu Sekretaris Daerah  Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, dengan menggunakan Whatsapp dengan cara meminta pulsa.

"Saya sudah tahu, dan hal ini juga sudah disampaikan kepada Pak Sekretaris Daerah dan beliau sudah serahkan ke Kominfo dan Kesbangpol," Kata Elisa saat dihubungi melalui Whatsapp, Minggu (7/6/2020).

Sementara Sekda Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan mengatakan bahwa penipu tersebut sempat mengatasnamakan dirinya agar bisa menipu orang.

"Ya kita sudah tahu itu, dan itu adalah akun palsu, kita juga sudah menyampaikan kepada pihak Kepolisian secara lisan baru dan itu sudah direspon," Kata Martinus.

Sementara Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Kepulauan Mentawai, Iptu Irmon membenarkan adanya laporan dari Sekda Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan yang juga namanya dipakai oleh penipu.

"Ya kita kita sudah menerima laporan dari beliau melalui Whatsapp, dan itu masih kita tunggu laporan secara tertulis, namun saat ini beliau masih ada rapat. Itu tetap kita tindak lanjuti, karena setiap laporan itu akan kita proses," Katanya. (Str