Iklan

Ribuan Warga Mentawai Bakal Terima Bantuan. Ini Rincianya

Selasa, 21 April 2020, April 21, 2020 WIB Last Updated 2020-04-21T16:27:00Z
Ilustrasi (foto:internet)

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT-  Sebanyak 23.217 Kepala Keluarga (KK) Mentawai akan menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Desa (Kemendes) dan dari Provinsi Sumatera Barat.

Kemensos akan memberikan bantuan dengan  alokasi 8.283 KK, bantuan tersebut di luar bantuan sosial Penerima Keluarga Harapan (PKH) juga bantuan sosial lainnya seperti sembako dan bulog.

Juru bicara mekanisme Gugus Tugas penanganan Covid -19 Mentawai, Serieli BW, menyebutkan untuk merealisasikan bantuan itu pihaknya berharap kepada pihak pemerintah desa untuk memberikan  data yang valid.

"  kita minta data valid nya dari Desa supaya tidak double dia penerimanya." Ujar  Serieli BW, di Tuapeijat, Selasa (21/4/2020).

BLT tersebut akan diberikan kepada warga Mentawai yang tidak mampu sebanyak Rp. 600 ribu/bulan selama 3 (tiga) bulan, dimana sebelumnya warga menerima hanya Rp. 200/bulan. 

Perubahan jumlah bantuan tersebut sesuai dengan instruksi dari Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu warga Mentawai juga mendapat bantuan BLT dari Provinsi dengan alokasi sebanyak 4.237 KK, dengan jumlah Rp. 600 ribu/bulan, selama tiga bulan.

Kemudian, Kemendes akan memberikan bantuan dengan pergeseran Dana Desa (DD) sesuai dengan besaran masing-masing Dana Desa, dimana alokasinya kepada 10.697 KK dengan jumlah bantuan sama Rp. 600 ribu/bulan selama tiga bulan.

"Di luar yang menerima bantuan PKH dan sembako ini, maka akan ada nanti dari data yang akan masuk ke kita, akan ada 23.217 KK yang akan menerima bantuan BLT, baik dari Provinsi, BLT pusat, maupun BLT dana Desa." Katanya.

Sedangkan dari APBD  Mentawai, juga dialokasikan  untuk 1.267 mahasiswa yang ada di luar atau yang saat ini sedang terjebak covid-19, termasuk yang di Padang dan mereka tidak pulang kampung akibat pembatasan pembatasan selama pandemi covid-19. Mereka bakal menerima  bantuan tunai sebanyak Rp. 700 ribu.

"Itu sekali saja yang sudah kita siapkan di dinsos dan tadi sudah lakukan pendataan dari masing-masing organisasi Mahasiswa dan akan segera diproses," Kata Serieli BW.

Tak hanya itu bantuan untuk warga berusia lanjut  sebanyak  1.000 orang juga akan menerima BLT  yaitu sebesar Rp300 ribu/bulan selama 3 bulan. 

Termasuk kepada masyarakat yang misalnya mengalami karantina seperti di Pogari berupa sembako berikan kepada seluruh warga di tempat itu yang kena karantina akibat karena ada kasus yang positif.

Bagi Usaha Mikro juga akan diberikan bantuan  sebesar Rp.300 ribu/bulan selama tiga bulan dengan jumlah penerima sebanyak 500 pengusaha yang diambil dari APBD, termasuk Dinas Pertanian sudah mempersiapkan bibit sayuran yang bisa cepat untuk hasilkan orang lagi dan ini sudah diantar di dinas pertanian sudah mulai ada pergerakan di bidang pertanian untuk membantu masyarakat untuk menyediakan bibit selama covid l-19.

Serieli BW menyebutkan realiasasi pencairan dari bantuan-bantuan itu bakal segera dilakukan pencairannya setelah proses pendataan warga lengkap dan valid.  (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Warga Mentawai Bakal Terima Bantuan. Ini Rincianya

Terkini

Topik Populer

Iklan