Iklan

Antipasi Penyebaran Virus Corona. Dinkes Mentawai Lakukan Edukasi Kepada Warga.

Sabtu, 21 Maret 2020, Maret 21, 2020 WIB Last Updated 2020-03-21T08:23:27Z
Dinkes Mentawai Lakukan Edukasi Kepada Warga cegah virus Corona ( foto : internet)

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT  - 
Dinas Kesehatan Mentawai terus melakukan berbagai upaya dalam rangka antisipasi penyebaran Covid 19 di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Sikerei ini. Salah satu upaya itu adalah dengan  mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, diantaranya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan menghindari penularan dengan menjaga jarak dan keramaian.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebutkan meskipun sampai saat ini belum ada warga Mentawai yang terpapar virus tersebut, namun pihaknya terus melakukan pemantauan  dan
perkembangan hingga saat ini, pihak Dinkes Mentawai  menjaring puluhan pelaku perjalanan ke wilayah terjangkit.

"Kita masih memonitor dan mendata ada  sekira 92 warga Mentawai sebagai pelaku perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19," ungkap Lahmuddin

Kata dia, pemantauan terhadap 92 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit Covid 19 iti dilakukan oleh para petugas medis dengan cara  mendatangi rumah yang bersangkutan.

" kita lakukan pemantauan, jika nanti selama 14 hari tidak menunjukkan gejala seperti demam dan gangguan pernapasan, berarti mereka aman.l," ujar Lahmuddin.

Namun kata Lahmuddin, jika ada yang ditemukan sebagai suspect atau terduga terpapar virus covid 19 ini, maka penanganan akan dilakukan di rumah sakit rujukan salah satunya di RS. M. Djamil Padang.

Lahmuddin mengimbuhkan kepada masyarakat yang berlayar dari Padang menuju Mentawai sudah dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan jika melebihi suhu 38°celcius, tidak bisa naik ke kapal.

Sementara itu untuk saat ini, peralatan deteksi suhu tubuh baru ada di kantor kesehatan pelabuhan Sikakap yang berada di bawah naungan Kementrian kesehatan.

Untuk pengadaan peralatan deteksi suhu tubuh di rumah sakit, kata Lahmuddin, saat ini masih dalam pemesanan.
(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antipasi Penyebaran Virus Corona. Dinkes Mentawai Lakukan Edukasi Kepada Warga.

Terkini

Topik Populer

Iklan