Sosialisasikan Pesan Pilkada 2020. Ini Yang Bakal Dilakukan Bawaslu Mentawai - SasarainaFM

Breaking

radio

Senin, 16 Desember 2019

Sosialisasikan Pesan Pilkada 2020. Ini Yang Bakal Dilakukan Bawaslu Mentawai

Koord. Div. Pengawasan Bawaslu Sumbar  Vifner di Tuapeijat 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Bawaslu Sumbar ajak Bawaslu  Mentawai dan stakeholder terkait dapat  menyampaikan pesan-pesan Pilkada  2020 mendatang melalui metode improvisasi budaya kearifan lokal.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sumbar  Vifner mengatakan
pesan pemilu dan pengawasan partisipatif masyarakat dengan metode bervariasi menggunakan improvisasi budaya kearifan lokal dapat dilakukan melalui tokoh adat Sikerei, kelompok atau organisasi seni atau budaya yang ada di Mentawai dengan tujuan  agar masyarakat semakin paham, tidak bosan, dan lebih dapat menangkap pesan demokrasi pemilu.

"  melalui Bawaslu dan juga stakeholder kita mencoba memvariasikan metode ini, tidak melulu dengan ceramah, tapi juga melalui pementasan budaya lokal, " kata  Vifner pada acara sosialisasi program pengembangan pengawasan partisipatif melalui sarana kebudayaan pemilihan kepala daerah serentak 2020 yang digelar di Bundo Guesthouse Tuapeijat, Senin (16/12).

Vifner menyebutkan berbagai  pesan tentang pemilu  yang dapat disampaikan kepada masyarakat melalui pementasan budaya, diantaranya  seperti bagaimana melawan politik uang, politik identitas, menjaga pemilu berjalan baik, melakukan hak pilih dengan cerdas, memilih pemimpin berintegritas, dan qualified serta pelaksanaan pemilu bisa dipastikan berjalan jujur, bebas, dan adil.

Menurut Vifner  potensi  politik uang rentan terjadi pada masa tenang atau sering disebut  serangan fajar,  dan praktek  politik identitas yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Oleh sebab itu, kata Vifner  untuk mempersempit ruang gerak oknum yang melakukan politik uang dan politik identitas itu,  Bawaslu harus  membentuk Satgas, patroli, dan pentingnya adanya pengawasan dari masyarakat.

"Masyarakat ini merupakan perpanjangan mata Bawaslu karena personil kita terbatas juga. Jika memang memiliki bukti maka laporkan dan nanti pelanggaran yang ada akan ditindak," tegasnya.

Sementara Perius Sabaggalet, Ketua Bawaslu Mentawai menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti ajakan  kegiatan dari Bawaslu Provinsi itu.

Perius menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat  akan menyampaikan imbauan kepada masyarakat melalui improvisasi budaya dengan menggandeng beberapa organisasi kelompok seni budaya sebagai mitra pengawasan Pilkada 2020 mendatang.
(KS)