Our social:
Photobucket
Loading...
LPPL Radio Sasaraina Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat │Media Informasi dan Edukasi Masyarakat Mentawai │Jl. Raya Tuapeijat KM.2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai │Interaktif +62 82390747044 │Whatsapp +628116642768 │e-mail : sasarainaradiofm@gmail.com │website : www.sasarainafm.com │Matikan player audio streaming disamping, bila Anda ingin mendengar dan melihat live video streaming │

Bupati Mentawai Sebut Pembangunan di Daerahnya Harus Dilakukan Dengan Pendekatan Budaya

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet (batik motif hitam) saat menghadiri peresmian Museum Etnografi Unand Padang

SASARAINAFM.COM  | PADANG  - Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan bahwa membangun Mentawai tidak bisa hanya mengandalkan uang saja, tetapi harus diimbangi dengan pendekatan budaya.

Hal tersebut Ia kemukakan pada saat menyampaikan kata sambutan pada acara peresmian Etnografi Andalas dan Seminar Nasional Kebudayaan, Rabu (05/12) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unand.

" Kita sudah berupaya semaksimal mungkin membangun Mentawai, tetapi kondisi ekonomi masyarakat Mentawai masih berjalan lamban, ternyata untuk membangun Mentawai tidak cukup hanya dengan uang saja, tetapi yang lebih tepat adalah dengan melakukan pendekatan budaya," paparnya.

Menurutnya selama ini telah dilakukan pembangunan di Kepulauan Mentawai, namun peningkatan ekonomi masyarakat Mentawai sangat lamban, bahkan angka kemiskinan masih tinggi di Daerah yang dijuluki sebagai “ Bumi Sikerei” ini.

Ia menyebutkan selama ini informasi yang berkaitan dengan budaya Mentawai masih sangat minim, hal tersebut dikarenakan  minimnya minat para pakar budaya yang ingin melakukan kajian ilmiah tentang budaya Mentawai.

Untuk itu Yudas meminta kepada mahasiswa lulusan Unand yang memiliki bakat menulis atau para pakar peneliti untuk mengangkat budaya Mentawai melalui tulisan, sehingga eksistensi budaya Mentawai akan terangkat, baik dari sisi ekonomi, sosial, kesehatan dan lainnya.

" Kepada mahasiswa yang memiliki bakat meneliti silakan, monggo, lakukan penelitian di Mentawai, karena masih banyak budaya Mentawai yang belum terangkat dan memiliki nilai yang sangat tinggi dan sekarang masih tersembunyi, lalu melalui tulisan nilai budaya Mentawai akan terangkat, " pungkasnya. (Red).


0 Comments:

Posting Komentar