Senin, 21 Oktober 2019

Salah satu pulau di Mentawai yang menjadi destinasi wisata bahari (foto ist)
SASARAINAFM.COM |  TUAPEIJAT - Pulau-Pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berada pada zona kuning atau kawasan konservasi yang ditetapkan oleh kementerian kehutanan Republik Indonesia diusulkan menjadi Area Pengguna Lain (APL).

Staf Ahli Bupati Mentawai bidang pemerintahan, hukum dan politik  Nurdin menyebutkan alasan pengusulan pulau pulau kecil menjadi APL itu antara lain karena banyaknya aktifitas pariwisata di pulau pulau itu.

"Untuk Pulau-Pulau kecil kita usulkan semuanya statusnya menjadi APL, jadi kita putihkan semua, karena disana ada aktivitas pariwisata dan lagian pulau kecil itu kan sebetulnya tidak layak disebut sebagai kawasan hutan," ungkap Nurdin usai mengikuti kegiatan rapat Focus Group Discussion (FGD) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),  di Aula Bappeda Mentawai, Senin (21/10)

Ia menyebutkan bahwa review RTRW di tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah selesai dan diajukan review atau evaluasi ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

 "Review kabupaten diajukan ke tingkat Provinsi, saya kira tahun depan itu sudah jadi," imbuhnya.

Menurut dia, sektor pariwisata di Kepulauan Mentawai sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah, untuk itu pemerintah harus mendukung dengan memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan.

"Sekarang ini, meskipun masih dalam kawasan hutan produksi, pemerintah sudah memberikan solusi untuk pengurusan izin dan sudah ada sekitar delapan resort yang mengajukan permohonan izin dan lima diantaranya udah dalam tahap proses,  meskipun begitu tetap ada syarat yang harus dipenuhi oleh investor, " pungkasnya (Red)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK