Iklan

Kepala DKPP Mentawai Imbau Kelompok KTNA Dongkrak Nilai jual Hortikultura dan ekonomi petani Mentawai

Selasa, 22 Oktober 2019, Oktober 22, 2019 WIB Last Updated 2019-10-22T01:01:56Z
Kepala DKPP Mentawai, Hatisama Hura

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Hatisama Hura mengingatkan pengurus kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)  Mentawai masa bakti 2019-2024 yang baru saja dilantik dan dikukuhkan agar bisa menjadi andalan masyarakat Mentawai, berkarya di lapangan, dan memberikan dampak atau hasil signifikan bagi perkembangan agrobisnis.

"Kelompok KTNA sebagai penyuluh swadaya harus bisa membawa aspirasi petani, memiliki ide dan jiwa inovatif, serta bisa diandalkan," tutur Hatisama Hura pada sambutan acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)   di aula Bappeda, Senin (21/10).

Ia berharap agar keberadaan kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) mampu mendongkrak peningkatan produksi, keberagaman makanan, dan menjalin kerjasama / koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian, dinas perikanan, dinas Perindagkop, dan instansi terkait lainnya.

"Kita juga berharap derajat petani kita diangkat dengan membantu mencarikan pasar agar tidak banting harga pada tengkulak," imbuhnya.

Lebih lanjut Hura meminta agar pelaku usaha hortikultura maupun nelayan mampu menekan jumlah ketergantungan masyarakat akan konsumsi beras dengan memanfaatkan pangan alternatif berbasis kearifan lokal seperti sagu, pisang, ubi, dan keladi.

"Pangan dari Bumi Sikerei harus bisa kita pasarkan keluar dari Kepulauan Mentawai untuk menambah nilai ekonomi. Mudah - mudahan muncul pengusaha muda dan bahkan bisa melibatkan tenaga kerja," ujarnya.

Hura berharap kelompok KTNA ini akan aktif dan mampu mengakomodir petani maupun nelayan dengan sumbangsih tenaga, saran, pikiran, mencari informasi, memanfaatkan inovasi teknologi pada pengolahan komoditas dan pemasarannya.
(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepala DKPP Mentawai Imbau Kelompok KTNA Dongkrak Nilai jual Hortikultura dan ekonomi petani Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan