Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Jumat, 16 Agustus 2019

Upacara HUT RI ke 74 Tahun Berjalan Hikmat dan Sukses
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT— Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 yang bertempat di Lapangan Kantor Bupati setempat,  berlangsung semangat dan khidmat, Sabtu (17/8)
Meski panas terik matahari yang menyinari Lapangan Kantor Bupati di Jalan Raya Tuapejat KM.4 itu tidak mengurangi semangat dan khidmatnya.

Peserta upacara terdiri dari berbagai unsur antara lain, Personil Kodim 0319 Mentawai  dan Polres Mentawai, Satpol PP dan Damkar beserta instansi pemerintah lainnya.

Selain itu, pelajar maupun non pemerintah tampak berbaris rapi bersama sejumlah peserta upacara bendera detik – detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di tingkat Kabupaten berjuluk  " Bumi Sikerei" ini.

Upacara tersebut turut dihadiri Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet selaku Inspektur Upacara (Irup), Wakil Bupati Kortanius Sabeleake, Ketua DPRD Yosep Sarogdok.

Hadir pula Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya, Dandim 0319 Mentawai Letkol. Czi. Didid Yusnadi , Kejari Mentawai Syamsuardi SH, Danlanal Mentawai Letkol Laut Aris Munandar

Secara khusus hadir juga Danrem 032/Wirabraja Brigjend TNI Kunto Arief Wibowo pada upacara ini.

Kemudian tokoh masyarakat dan jajaran Aparatur Pemerintah Kabupaten Mentawai  juga tampak mengikuti peringatan momen bersejarah itu dengan seksama.

Pasukan Pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Mentawai sukses mengibarkan bendera pusaka merah putih. Mereka pun mendapat tepuk tangan dari para undangan.
Sebelumnya, bendera pusaka merah putih diserahkan oleh Bupati Mentawai  Yudas Sabaggalet yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) ke pembawa baki bendera.

Setelah itu, pembawa baki bernama Melani Yutia Juliarti  pelajar SMAN 1 Siberut Utara  beserta rekan – rekannya dengan lancar tanpa hambatan mengantarkan sangsaka merah putih dari pengibaran bendera hingga bendera sampai di puncak tiang bendera.

Memaknai momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 74, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet meminta segenap generasi bangsa mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Menurut Bupati, pahlawan adalah sosok penting dibalik kemerdekaan, karena telah mengorbankan jiwa dan raga serta segala yang dimilikinya demi memperjuangkan kemerdekaan yang saat ini dinikmati oleh generasi penerus.

“Selaku generasi penerus, mari kita bersama – sama memaknai dan mengisi kemerdekaan ini,” ujar Yudas  saat di temui media usai menjadi Irup pada Upacara Bendera Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke – 74 di lapangan kantor bupati.

Menurutn Yudas, melalui pelaksanaan pembangunan seperti saat ini, merupakan satu diantara upaya dari generasi penerus untuk memaknai dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia 74 tahun silam.

“Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan, dibutuhkan sinergitas dari seluruh komponen masyarakat. Sebab, keberhasilan pembangunan tidak bisa hanya diserahkan kepada satu pihak saja, seperti Pemerintah Daerah,” jelas Bupati.

Lebih lanjut, melalui momen semangat proklamasi kemerdekaan ini, Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mentawai bersatu – padu, bergerak membangun daerah berjuluk Bumi Sikerei ini. (Tim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK