Senin, 03 Juni 2019

Camat Siberut Barat, Job Sirirui
SASARAINAFM.COM, SIMATALU - Melimpahnya hasil pertanian, seperti tanaman kelapa, pisang dan rotan diyakini belum mampu mendongkrak perekonomian masyarakat desa Simatalu dan Simalegi di kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Camat Siberut Barat, Job Sirirui menyebutkan meski hasil tanaman warganya melimpah namun dia akui masih banyak warganya yang belum bisa merasakan hasil panennya untuk kesejahteraan. Pasalnya warga masih tergantung menjual hasil tanamannya dalam bentuk mentah  kepada para  tengkulak. 

" Sumber penghasilan masyarakat desa Simalegi bergantung pada Kopra, sementara bagi warga desa Simatalu adalah rotan,  namun mereka masih menjual hasil  tanamannya dalam bentuk mentah kepada tengkulak - tengkulak sehingga produksi tani belum mampu mensejahterakan mereka," ungkap Job Sirirui.

Job mengeluhkan praktek para tengkulak dengan menggunakan sistem monopoli dan sistem barter dari tengkulak kepada masyarakat yang membuat perekonomian rakyat tidak merangkak maju, disamping itu dengan masih sulitnya akses transportasi sebagai pengangkut hasil tani juga menyebabkan para petani masih menjual hasil taninya kepada para tengkulak.

" transportasi darat cukup sulit disini, armada dari pengusaha luar hanya datang sebulan sekali, akhirnya  mau tidak mau para petani  menjual hasil taninya kepada tengkulak," ungkap Job.

Dengan kondisi seperti itu, pihak nya berupaya mendorong  berdirinya persatuan para pengusaha atau pedagang lokal yang unggul, yang diharapkan  mampu mandiri, dan bisa menguasai armada pengangkutan hasil produksi tani.

Dari pantauan sasarainafm.com dari para petani, ternyata harga pasaran  hasil tani masih tergolong rendah yaitu untuk harga kopra  Rp 3 ribu per kilogram, sementara rotan ukuran besar dihargai Rp 5 ribu per batang, dan ukuran kecil sekira Rp 2-3 ribu rupiah. (KS)

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044