Minggu, 12 Mei 2019

Rosmaida Yudas, Ketua TP.PKK Kep.Mentawai

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rosmaida  Yudas mengajak para orangtua lebih aktif dalam mengawasi anak-anaknya terutama anak pada usia belia dari tindak kekerasan seksual..

“Saya sangat miris bila mendengar  berita tentang kekerasan seksual pada anak dibawah umur, ini perlu kita sikapi bersama agar anak-anak kita jangan sampai menjadi korban kekerasan itu, mereka adalah penerus masa depan, nanti mereka itu bisa jadi Bupati, Dokter dan sebagainya, maka jaga anak kita dari kekerasan seksual” Kata Rosmaida pada acara  wisuda serta perpisahan Taman Kanak-kanak (TK) Santo Petrus di Km 5, Tuapeijat, Sipora Utara, Sabtu (11/5)

Menurut Rosmaida, salah satu sebab terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak usia dini karena adanya kelalaian orang tua. 

Mungkin orang tua  terlalu sibuk bekerja, sehingga perhatian pada anak tak terfokus. “Orang tua coba korbankan waktu dua jam saja untuk cepat pulang dari ladang, melihat anak kita di rumah,” Ungkapnya.

Rosmaida juga mengingatkan agar para orang tua yang aktif bekerja,  tidak mudah percaya dan menitipkan anaknya yang masih belia kepada orang yang salah atau orang yang baru dikenal, akan lebih baik katanya anak-anak itu di titipkan di PAUD atau taman pendidikan anak.

" saat ini sudah banyak PAUD dan taman pendidikan anak usia dini, lembaga inilah tempat bagi anak-anak kita, di PAUD dan TK  bukan hanya memberikan pendidikan pembelajaran tapi  juga membentuk karakter sang anak, bermain serta bersosialisasi bersama teman-temannya di sekolah," ujar Rosmaida yang juga istri bupati Mentawai Yudas Sabaggalet itu..

Dibagian lain, Rosmaida juga mengajak para orang tua mengambil peran sebagai pendidik saat bersama anak-anaknya dirumah, " mari lebih kita tonjolkan peran kita sabagai orang tua dalam mendidik anak-anak kita, kita bisa ajak mereka  berbicara, bertanya apa masalah-masalah yang di alami, bersama teman-temannya atau lingkungannya,” Kata Rosmaida.

Terpenting adalah memberikan pendidikan serta edukasi pada anak agar lebih dekat dengan orang tua serta bisa bicara.

Selain itu, Rosmaida Yudas yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD dan TK di Kepulauan Mentawai, mengajak para tua lebih mengawasi anak-anak dalam bermain gadjet, " sekarang ini jaman teknologi dan di jaman teknologi canggih ini, anak-anak kadang sudah malas belajar, mereka lebih asyik dengan permainan game nya di hp, ini juga yang perlu diawasi, " pesan Rosmaida.  (Suntoro)

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044