Minggu, 07 April 2019


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT – Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake minta para sarjana asal Mentawai, terutama anak-anak Mentawai yang telah menamatkan kuliah di berbagai perguruan tinggi  melalui biaya  Pemerintah Mentawai, bisa mandiri untuk menciptakan lapangan kerja, dapat berkompetisi di daerah lain, dan tidak hanya berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil di Mentawai..

  Tugas kita adalah mencerdaskan anak Bangsa, mencerdaskan masyarakat Mentawai sebanyak-banyaknya, tetapi harus diingat bahwa kebutuhan layanan administrasi di Pemerintahan ini kan terbatas, harapan kita Sarjana-Sarjana yang sudah tamat itu bisa menciptakan lapangan kerja, atau mencari pekerjaan di tempat lain, silakan berkompetisi di luar, mencari pengalaman di daerah lain, tidak mesti jadi PNS di Mentawai, silakan Sarjana anda bawa kemana-mana, jangan hanya disini, ” kata Wakil Bupati Kebupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake baru-baru ini di Tuapejat.

Ia juga menyebutkan, jika memang di Mentawai ada penerimaan Pegawai maka pihaknya siap membuka kesempatan kerja, namun menurutnya tidak semua yang di sekolahkan Pemda Mentawai mesti ditampung, sebab jika terlalu banyak Pegawai di Pemerintahan malahan banyak yang tidak bekerja, biaya gaji dibebankan kepada Daerah, sehingga pembangunan tersendat karena tidak ada biaya.

“Pemerintah itu terbatas, makanya kulialah itu betul-betul, belajar proses, setelah kita belajar proses pikiran kita diasah, datang ke Mentawai melihat peluang apa yang bisa dilakukan. Bahakan di luar Negeri pun silakan anda berkompitisi, tetapi anda kan tetap orang Mentawai,” ujarnya..

Putra-putri Mentawai menurut dia, harus mampu bersaing dan bisa membuka atau menciptakan lapangan kerja, Pemda Mentawai juga mendorong badan-badan usaha, seperti Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dimana kedepan bisa dikelola oleh lulusan sarjana, sebab di Bumdes ada sistem pengelolaan air, listrik, transportasi, dimana itu bagian dari menciptakan lapangan kerja.

“Silakan anda menjadi Manager di luar, menjadi Direktur di luara, yang penting anda asal Mentawai, kalau tidak kita sekolahkan, kita akan tertinggal jauh, sama halnya kita mendorong anak-anak ini menjadi Polisi, menjadi Tentara, silakan berkompetisi, tidak harus di Mentawai. Semua peluang kita berikan, tetapi pekerjaan anda sendiri yang melakukannya, anda yang mengambil kesempatannya, anda yang mencari, anda yang merebut,” ungkap Korta. (Suntoro)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK