Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Kamis, 07 Maret 2019

Ilustrasi : Kapal Tol laut  KM Kendhaga Nusantara 1

SASARAINAFM.COM.TUAPEJAT - Kehadiran tol laut yang dijalankan Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera dinikmati masyarakat Pulau Sumatera khususnya masyarakat Kepulauan Mentawai.

Kabar gembira itu dibenarkan General Manager ASDP Padang, Saharuddin Koto saat dimintai keterangan melalui telepon seluler miliknya Jumat, (8/3/2019).
"insyaallah, semester I tahun ini tol laut segera beroperasi " katanya..

Namun terangnya, saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan Kapal Tol laut  yang diberi nama KM Kendhaga Nusantara 2 yang  telah dilepas pada Jumat (1/3/2019), dari galangan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar menuju Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatra Barat. Kapal tersebut dipastikan sampai di pelabuhan Teluk Bayur tanggal 9 Maret 2019.

"kapal masih kita tunggu kedatangannya. Kapalnya sedang menuju Teluk Bayur dan akan bersandar besok" tuturnya.

Lebih lanjut terangnya, setelah KM.  Kendhaga Nusantara 2  bersandar di pelabuhan Teluk Bayur,  kapal yang akan dioperasikan PT ASDP Indonesian Ferry (Persero)  tersebut  akan langsung diserahkan kepada ASDP  Padang untuk melayani rute Teluk Bayur, Sinabang, Gunung Sitoli,  Kepulauan Mentawai -Teluk Bayur (T-2).

Usai penyerahan KM.  Kendhaga Nusantara 2, pihak ASDP Padang akan melakukan pemeriksaan kelayakan kapal dan surat - surat kapal sebelum dioperasikan..

Ia berharap Kapal yang dikhususkan mengangkut bahan pokok dan bahan bangunan, bisa stabilkan dan turunkan disparitas (perbedaan) harga khususnya di Kepulauan Mentawai.

"kita berharap dengan hadirnya tol laut ini, bisa stabilkan harga. Jadi kalau misalnya harga semen di kota Padang 60 ribu/sak, di Mentawai juga harganya harus sama" ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah  saat ini sedang berupaya agar Tol Laut  dapat menjangkau wilayah lebih dalam lagi dengan melibatkan moda lain, seperti moda darat, penyeberangan dan udara, terutama daerah yang  tidak memiliki akses jalan memadai.

Seperti diberitakan sebelumnya Tol Laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.  

Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia. 

Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016 "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun." (Nbl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK