Senin, 11 Maret 2019

Ketua KPU Mentawai Eki Butman saat menyerahkan DPTb II
SASARAINAFM.COM,TUAPEJAT- Meski berada diwilayah yang sering dikunjungi wisatawan asing, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai memastikan tak ada Warga Negara Asing (WNA) di Mentawai yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Mentawai Eki Butman saat dimintai keterangan usai rapat pleno terbuka daftar pemilih tambahan (DPTb) II  yang digelar di Hotel Jelita Tuapeijat Senin, (11/3).
"Kalau WNA kami dapat pastikan tidak ada yang masuk dalam DPT," .tegasnya

Menurutnya, meskipun ditemukan para WNA tersebut memiliki KTP, akan tetapi undang-undang mengamanatkan tidak  bisa masuk kedalam DPT.

"Kalau kita, berdasarkan undang - undang, meski WNA itu punya KTP, tidak bisa didata untuk dimasukan di DPT. Kita sudah cek di Mentawai, tidak ada, bahkan tidak ada WNA yang memiliki KTP " ujarnya.

Namun demikian, untuk menjamin DPT bersih dari WNA, KPU terus berupaya berkoordinasi dengan pihak Dinas Dukcapil Mentawai untuk kembali mengecek data pemilih.

Dari hasil rapat pleno terbuka DPTb II, KPU Mentawai menetapkan  jumlah pemilih  yang masuk sebanyak 64 pemilih. Sementara untuk pemilih  keluar sebanyak 99 pemilih.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Rekapitulasi DPTb II, merupakan pemilih yang telah terdaftar di DPT atau TPS yang bersangkutan telah pindah TPS lain, baik yang mengambil fomulir A 5 di daerah asal maupun daerah tujuan.

Seperti diketahui sebelumnya,  jumlah Daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap II yang telah dilakukan KPU Mentawai beberapa waktu, mencatat 63.103 pemilih. Setelah dilakukan perbaikan sisanya berjumlah 63.068,  karena 99 pemilih yang terdaftar di DPT  sudah pindah memilih di TPS lain atau sudah mengisi form A 5. (Nbl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK