Iklan

Pembangunan Kabel SKKL Akan Rampung April Tahun Ini

Jumat, 15 Februari 2019, Februari 15, 2019 WIB Last Updated 2019-02-15T08:18:19Z
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Pembangunan Kabel SKKL di Kabupaten Kepulauan Mentawai sepanjang 170 Kilo direncanakan akan rampung pada April tahun ini. Hal ini disampaikan General Manager (GM) Telkom Sumatera Barat, Sulkan,

“Ini panjangnya kurang lebih 170 Kilo dari Padang sampai ke Mentawai, itu diambil dari belakang hotel pangeran beach, sampai di posisi BMH kita di Mapaddegat. Kapasitasnya bisa dilewatkan dengan bandwidth yang besar, kita berharap perangkat ini mampu melewatkan dengan 40 x 100 GB atau 4 Tera,” kata General Manager Telkom Sumatera Barat, Sulkan saat ditanya pada Jumat (15/2/2019) di Mapaddegat.

Ia menambahkan untuk saat ini pihak Telkom hanya memberikan 100 GB, namun dengan kapasitas terbut kata Sulkan bisa mengcover seluruh pengguna di Tuapeijat, baik Pemerintah, dimana penggunaan jaringan internet di Tuapeijat hanya 1,6 sementara itu sudah dibagi baik pengguna Pemerintah maupun pengguna lainnya.

Lebih lanjut Sulkan tambahkan selama ini penggunaan Indihome masih sangat terbatas, maka dengan adanya kabel SKKL mampu melewatkan bandwidth yang besar. “Ibarat jalan tol, jalannya sudah ada tergantung dengan pihak Kominfo setempat atau Bupati, apa-apa saja planning yang mau dikembangkan, dengan memanfaat SKKL yang sudah ada ini,” ujarnya.

Sementara pembangunan SKKL atau jaringan fiber optik di daerah Sikakap dan Siberut, disebutkan Sulkan belum ada tujuan kesana, sebab saat ini pihak Kementerian Kominfo fokus dengan anggaran pembangunan kabel SKKL di Sipora Utara atau Tuapeijat saja.

“Itu nanti tim pak Bupati selalu mengusulkan dengan program-program lanjutannya, di teritoria kita wilayah Sumbar, ini tersisih operasi eksekusi, tetapi terkait pengalokasian penganggaran itu dari pusat, jadi itu nanti tergantung tim Bupati dan Kominfo selalu mengupdate permohonan -permohonan ke pusat mana target yang perlu dibangun,” katanya.(Suntoro)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembangunan Kabel SKKL Akan Rampung April Tahun Ini

Terkini

iklan2

Iklan