Iklan

Siklus Cuaca Tak Menentu, Hasil Tangkapan Menurun

Senin, 12 November 2018, November 12, 2018 WIB Last Updated 2018-11-12T09:43:28Z


SASARAINAFM.COM.TUAPEJAT _Cuaca  yang tidak menentu akhir-akhir ini berdampak pada penghasilan nelayan di Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara. Kini, hasil tangkapan ikan para nelayan di wilayah tersebut menurun drastis.

Hal itu dikatakan Basa (47) salah seorang nelayan Tuapejat saat dimintai keterangan di rumahnya Senin, (12/11/2018).

“memang cuaca yang tidak menentu saat ini sudah terjadi sekitar satu bulan. Jadi penghasilan hampir tidak ada,” tuturnya.

Akibat perubahan iklim yang terbilang cepat, tambahnya, rata-rata tangkapan ikan turun hingga 80 persen. Jika awalnya rata-rata dia mampu memancing 5-10 kilogram, kini hanya 2 kilogram bahkan tidak ada sama sekali. .

 Lebih lanjut dia menuturkan, angin pasang yang datang mendadak kerap merepotkan nelayan. Meski angin dan gelombang tinggi, namun dirinya juga sering memaksa diri untuk tetap melaut .
“terkadang juga bapak memaksakan diri melaut dan hasilnya pun sedikit, itu pun mesti bersaing dengan tingginya gelombang,” katanya.

Dalam satu minggu rata-rata perubahan iklim akibat kencangnya tiupan angin hampir terjadi setiap hari, tak ayal situasi itu menyulitkan nelayan.

Merujuk pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jelasnya, cuaca angin laut terkadang berubah secara ekstrem saat memasuki tiga bulan terakhir menjelang pergantian tahun.
Saat itu rata-rata angin laut yang berhembus ke darat lebih sering, sehingga menyebabkan terjadinya angin pasang.


Dia berharap meskipun siklus alam sulit dihentikan, namun ada beberapa saat cuaca membaik dan bisa dipergunakan nelayan untuk melakukan aktivitasnya. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siklus Cuaca Tak Menentu, Hasil Tangkapan Menurun

Terkini

iklan2

Iklan