Iklan

Camat Sipora Utara: Kebersihan Modal Utama Untuk Memikat Wisatawan

Kamis, 29 November 2018, November 29, 2018 WIB Last Updated 2018-11-29T08:55:23Z
Kawasan Pantai Mapadegat Sipora Utara Yang Bersih dan Indah 

SASARAINAFM.COM.TUAPEJAT_Kebersihan merupakan hal yang utama untuk dilakukan oleh masyarakat di lingkar destinasi. Sebab kebersihan menjadi salah satu tolak ukur wisatawan merasa nyaman selama berkunjung ke destinasi wisata.

 Selama ini tidak sedikit pula wisatawan yang mengeluhkan tentang kebersihan di beberapa destinasi wisata. Diantaranya  masih banyak nya sampah berserakan  dan toilet yang dianggap masih  belum memenuhi standar. Sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat untuk mengatasi persoalan di destinasi wisata.

Hal itu dikatakan Camat Sipora Utara Marsen Taileleu saat disambangi di ruang kerjanya Kamis, (29/11/2018)..

“Soal kebersihan ini memang menjadi salah satu kendala pariwisata kita. Masyarakat kita ini masih sulit untuk mengubah tradisinya, tapi bukan berarti tidak bisa. Memang butuh waktu, dan dalam waktu dekat kita akan lakukan pendekatan kepada masyarakat dan memberikan pemahaman" katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan dua lokasi objek wisata di Desa Tuapejat yakni Pantai Mapadegat dan Pantai Jati yang memiliki potensi jika dikelola dengan baik termasuk kebersihannya akan berdampak pada pengembangan ekonomi kreatif.

Ditegaskannya, kebersihan merupakan modal kepariwisataan. Kebersihan menjadi salah satu modal penting menarik wisatawan karena tidak ada wisatawan yang tertarik dengan tempat yang kotor walaupun punya potensi untuk dikunjungi..

Selain mampu menarik wisatawan, kebersihan lingkungan juga akan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat. Lingkungan yang bersih akan menciptakan masyarakat yang bersih dan sehat sebab ada hubungan simbiosis mutualisme.

"karena wilayah kita merupakan kawasan wisata, pekarangan rumah masyarakat harus bersih dan  juga harus memiliki toilet,  siapa tau nanti ada tamu wisatawan yang akan menginap di rumah masyarakat" tuturnya.

Ia juga menuturkan, guna memberikan pemahaman terkait kebersihan kawasan wisata kepada masyarakat, dalam waktu dekat pihaknya akan melibatkan semua unsur seperti Desa, Dusun, PKK, Dasawisma, pemuda dan tokoh masyarakat  untuk menggalakkan gotong royong.

"kita akan coba galakkan lagi gotong royong, dan akan tetap berkoordinasi dengan semua unsur khususnya di Desa setempat. Kita akan jadwal gotong royong itu sesuai kesepakatan " pungkasnya. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Sipora Utara: Kebersihan Modal Utama Untuk Memikat Wisatawan

Terkini

iklan2

Iklan