Our social:

BKKBN Sumbar Gelar Layanan Alat Kontrasepsi Gratis Di Puskesmas Mapadegat


SASARAINAFM.COM.TUAPEJAT_  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis di Puskesmas Mapadegat Kecamatan Sipora Utara  Kabupaten Kepulauan Mentawai .

Selain memberikan layanan pemasangan alat kontrasepsi gratis, di kegiatan itu juga dilaksanakan sosialisasi terkait pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi (KR) berkualitas kepada masyarakat yang berada di wilayah kampung KB.

Hal itu dikatakan Kasubid Bina Kesertaan KB Wilayah Sasaran  Khusus Perwakilan BKKBN Sumbar Asrul Effendi saat dimintai keterangan diselah kegiatan layanan alat kontrasepsi gratis di Puskesmas Mapadegat Kamis, (15/11/2018).

Ia juga menjelaskan , kegiatan itu merupakan bagian program promosi pelayanan KB dan KR berkualitas dengan target 500 aseptor..

Asrul  menambahkan,  bulan April lalu kegiatan serupa juga digelar di Kecamatan Siberut  Selatan dengan capaian aseptor 290 orang.

Untuk memenuhi capaian 500  aseptor yang belum tercapai, kegiatan tersebut dilanjutkan di di Kecamatan Sipora Utara  dengan target 210 aseptor.

"kegiatan  ini sebelumnya sudah kita gelar di Siberut Selatan bulan April lalu. Tapi karena capaian 500 aseptor tidak terpenuhi, jadi kita gelar lagi di sipora Utara ini"  tuturnya.
Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan itu mendapat respons positif dari masyarakat. Terbukti, dari layanan KB gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Mapadegat, ratusan aseptor berbondon-bondong datang mendaftar.

Ia menjelaskan, layanan pemasangan alat kontrasepsi hanya melayani jenis Implan.
Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan promosi pelayanan KB dan KR berkualitas itu diharapkan mampu memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat, khsusunya kaum wanita terkait KB khusus di daerah tertinggal dan terluar.

Ia berharap ke depan masyarakat yang belum mendapatkan layanan KB bisa mengikuti KB dan yang sudah ber-KB dapat berganti alat kontrasepsi dengan jangka waktu yang lebih panjang, seperti implan, sehingga bisa tercapai mewujudkan penduduk  tumbuh  seimbang, keluarga yang  berkualitas serta mampu  meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.(Nbl)

0 Comments:

Posting Komentar