Iklan

Wabup Mentawai Berharap ASB Berikan Pemahaman Kebencanaan Kepada Masyarakat

Rabu, 17 Oktober 2018, Oktober 17, 2018 WIB Last Updated 2018-10-17T10:19:57Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake berharap kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang kesiapsiagaan bencana seperti Arbeiter Samariter Bund (ASB) dapat  memberikan pemahaman kepada masyarakat Mentawai tentang kesiapsiagaan bencana dan juga resiko bencana secara rinci, begitu juga kepada masing –masing organisasi perangkat daerah (OPD), dan juga pemerintahan ditingkat desa terutama pada desa yang telah dibentuk sebagai Desa Tangguh Bencana..

“Kami berharap kepada lembaga ASB untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pemahaman mereka mengenai bencana, bagi yang berada dilapangan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat,” kata Kortanius pada sambutannya saat menerima kunjungan tim ASB pusat di Mentawai, di aula kantor bupati setempat, Rabu,(17/10).

Korta juga berharap kepada ASB untuk membangun komunikasi atau pemahaman kepada masyarakat baik itu ilmunya untuk menyampaikan kepada tokoh agama agar bisa menyampaikan pesan – pesan tentang kesiap-siagaan bencana supaya disampaikan kepada umatnya masing – masing.

 “kalau bencana terjadi pasti kita lari, karena kenapa kita menyelamatkan diri kita dulu, menyelamatkan diri kita sendiri saja belum tentu bisa, apa lagi menyelamatkan orang lain, termasuk teman – teman dari ASB ataupun BPBD, karena itu sistem komunikasi pemerintah desa atau Camat, kelompok, organisasi mesti dibangun,” ungkapnya..

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim Arbeiter Samariter Bund (ASB) yang telah berkunjung ke Mentawai dalam rangka monitoring daerah rawan bencana khususnya yang ada di kecamatan Sipora Utara.

“kami mengucapkan terima kasih, mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada bapak – ibu ASB yang telah mencoba untuk melakukan beberapa kegiatan di Mentawai, tentu ini akan membantu masyarakat dari lembaga – lembaga asing,” katanya

Dibagian lain, Korta berpesan kepada Tim Arbeiter Samariter Bund (ASB) untuk disampaikan ke pusat bagaimana kondisi Mentawai yang sebenarnya.

“pesan kami, harapan kami dari rekan – rekan ASB, menyampaikan masalah masalah kami atau persoalan – persoalan kami di Mentawai, “  harapnya

Ia menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bahwa indikator - indikator dari ASB ini bukan hanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja yang menangani namun semua pihak, dapat memahami dan melakukan dalam menanggulangi keseiapsiagaan kebencanaan.

“seperti yang disampaikan dari provinsi ada dua puluh indikator yang disampaikan, dari dua puluh indikator itu bisa diberikan kepada OPD masing – masing, dinas ini mau menjawab apa tentang indikator, dinas pertanian atau dinas lainnya mau menjawab apa tentang indikator – indikator tersebut,” pungkasnya (Suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup Mentawai Berharap ASB Berikan Pemahaman Kebencanaan Kepada Masyarakat

Terkini

iklan2

Iklan