Iklan

TNI Polri dan Kejaksaan Negeri Mentawai Siap Amankan Pemilu Serentak Tahun 2024

Kamis, 08 Februari 2024, Februari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-02-08T13:49:04Z

Kapolres AKBP Rory Ratno A  mewakili Forkopimda memberikan sambutannya terkait keamanan Pemilu tahun 2024 di Bujai Hotel, Rabu ( 7/2)



SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Pengamanan serta pengawasan pesta demokrasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, sehingga perlu dilakukan koordinasi dan komunikasi guna merancang terkait teknis pelaksanaannya. Dan melalui rapat koordinasi logistik dan persiapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama stake holder lainnya, maka setiap unsur yang terlibat telah berkomitmen akan berperan dalam  mengawal dan menjaga agar pemilu nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Hal itu diungkapkan Kapolres AKBP Rory Ratno A saat mengikuti rakor logistik dan persiapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Hotel Bujai, Km 7 Sipora Utara, Rabu ( 7/2).


“ kami polres kepulauan Mentawai, sudah menyiapkan personil untuk melaksanakan pengamanan TPS dan sudah siap menggeser pasukannya. Jadi pada kesempatan kali ini kami berharap kita bisa berdiskusi lebih detail, lebih teknis terutama terkait kondisi pergeseran logistik diwilayah yang sangat sulit. Jadi supaya kita tau apa permasalahan, kemudian kita siapkan langkah-langkah antisipasi mitigasi karna disini kita hadir baik dari rekan rekan kodim, kemudian mentor angkatan laut, basarnas, satpol pp dan harapan saya juga PLN juga hadir agar ini bisa terlaksana dengan baik.” Ujarnya.


AKBP Rory menyampaikan dukungannya kepada pihak penyelenggara KPU untuk melaksanakan pemilu ini dengan sukses, aman dan damai.


Hal senada juga Dandim 0319 Mentawai Letkol Inf Restu Petrus Simbolon mengatakan siap membantu dalam hal ini mendukung Kapolres saling bersinergi Bersama staff KPU maupun Bawaslu untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024.


“ kami dari kodim siap membantu mendukung bapak kapolres, staff KPU maupun Bawaslu yang tentunya dilapangan bersinergi dan kita juga siapkan personil yang ada dilapangan tiap-tiap koramil bahkan pasukan cadangan bila diperlukan nantinya kita sudah standbye sehingga nanti harapan kita tidak ada kendala-kendala baik masalah keamanan ataupun yang lain lain tidak terlalu signifikan terjadi. Juga kita harus waspada dengan hal-hal yang tidak diinginkan, solusi apa saja yang diperlukan dan kita kerjakan terutama didetik detik terakhir biasanya selalu muncul permasahan.” Ungkapnya.


Letkol inf Restu juga ingin kepastian kepada pihak penyelenggara Pemilu serentak tahun 2024 pada saat ada permasalahan dilapangan khususnya di TPS tidak ada terbentur baik itu masalah printer scanner, penerangan ( PLN ) yang tidak ter aliri listrik, blankspot internet apa yang harus dilakukan ketika permasalahan itu muncul. Maka menurutnya jika terjadi kendala-kendala itu agar siap tanggap segera komunikasikan dan libatkan unsur TNI Polri.


“ artinya disini kita mendorong KPU untuk memikirkan hal hal secara teknis dan detail. Silahkan kami dilibatkan TNI Polri maupun forkopimda yang ada, untuk menangani masalah-masalah teknis yang dihadapi KPU tentunya. Pada prinsipnya kami TNI Polri Forkopimda siap mendukung sampai selesai kegiatan pemilu’’ Tegasnya.


Sementara Rifki Riza, S.H Kepala Seksi Intelijen Kejari Mentawai menyebutkan Kejaksaan seluruh Indonesia sesuai dengan arahan dan himbauan jaksa muda intelijen untuk menghadapi pemilu tahun 2024, baik itu kejaksaan tinggi, dan termasuk kejaksaan negeri Mentawai telah mendirikan posko pemilu dan turut mendukung pelaksaan pemilu sehingga dapat terlaksana lancar, baik dan sesuai dengan peraturan per undang-undangan yang berlaku.


“ bapak ibu terimakasih, kami dari kejaksaan seluruh Indonesia terutama kejaksaan negeri Mentawai siap membantu dan mendukung pelaksaan pemilu kali ini, kami juga berharap terkait logistik dari kita rapat ini akan ada solusi-solusi, karna memang di Mentawai ini faktor geografisnya akan banyak permasalahan yang ditimbulkan , tetapi saya yakin dengan pengalaman dan kerjasama ini bisa menyelesaikan itu semua. “ ujarnya.


Terkait dukungan secara hukum  baik dari KPU maupun kepada masyarakat secara umum, dari kejaksaan itu sendiri kata Rifki siap melakukan bantuan demi terselenggaranya pemilu damai. {Md}.

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TNI Polri dan Kejaksaan Negeri Mentawai Siap Amankan Pemilu Serentak Tahun 2024

Terkini

iklan2

Iklan