Iklan

7 Hari Lagi Menuju Pesta Demokrasi, KPU Mentawai Gelar Rakor Logistik dan Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

Kamis, 08 Februari 2024, Februari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-02-08T13:08:17Z

KPU Rakor Logistik dan Persiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 bersama unsur Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, KPU beserta Jajarannya, di Aula Bujai Hotel , Rabu (7/2).




SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT-
Tinggal 7 hari lagi menuju pelaksanaan Pesta Demokrasi yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar rapat koordinasi lintas sektor untuk mempersiapkan Pemilu 2024 agar berjalan lancar dan aman.

 

Rapat Koordinasi Logistik dan persiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan di Hotel Bujai, Km 7 Sipora Utara, Rabu(7/2) . Rakor ini di hadiri langsung Bupati Kepulauan Mentawai, Unsur pimpinan Forkopimda, Organisasi Perangkat daerah ( OPD), instansi vertikal, Camat, ketua KPU serta jajarannya.

 

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Saudara Halomoan Pardede mengatakan KPU telah melaksanakan tahapan demi tahapan persiapan pelaksanaan pemilu yang sampai saat ini masih berjalan lancar dan aman.

 

“ bapak ibu KPU Kepulauan Mentawai memiliki personil yang jumlahnya lebih kurang 5 orang komisioner , 25 orang sekretariat beserta PPNPN, 50 PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ), 30 sekretariat PPK sedangkan PPS diseluruh Kabupaten ada 129 orang dan 129 orang sekretariat PPS. Syukur alhamdullilah Puji Tuhan beberapa minggu yang lalu telah terekrut lebih kurang 2.569 orang petugas KPPS yang tersebar di seluruh Kecamatan dan Desa serta telah diberikan materi Bimtek bagaimana proses mulai dari pemungutan suara, sebelum pemungutan suara dan lain sebagainya.’’ Ungkapnya Pardede.

 

Pardede menyebutkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT)  sebanyak 66.129 yang terdiri 34. 262 pemilih laki- laki dan 31.867 pemilih perempuan yang tersebar di 364 TPS 43 Desa di 10 Kecamatan. Dari total pemilih 66.129 di 10 kecamatan. Jumlah pemilih disetiap kecamatan, dimana Pagai Utara pemilih 4.450 jumlah TPS 29, Sipora Selatan pemilih 7.797 jumlah TPS 43, Siberut Selatan pemilih 7.282 jumlah TPS 40, Kecamatan Siberut Utara pemilih 6.730 jumlah TPS 32, Siberut Barat pemilih 5.530 jumlah TPS 28, Siberut Barat Daya pemilih 5.246 jumlah TPS 30, Siberut Tengah pemilih 5.313 jumlah TPS 31, Sipora Utara pemilih 8.658 jumlah TPS 42, Sikakap pemilih 7.809 jumlah TPS 47, sedangkan Kecamatan Pagai Selatan pemilih 7.314 dengan jumlah TPS 45.

 

“ dari pemilih 66.129 tersebut ada pemilih non KTPL sebanyak 2.863, dimana hasil terakhir dari pencermatan Dukcapil telah berkurang dari 2.863 ini.” Ujarnya.

 

Pardede menambahkan Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk DPRD Sumatera Barat memiliki 8 Dapil  sebanyak 7 kursi, sementara Dapil DPRD Kabupaten memiliki 4 Dapil yaitu Dapil 1 Sipora Utara dan Sipora Selatan sebanyak 5 kursi, dapil 2 Pagai Utara,  Sikakap, Pagai Selatan sebanyak 6 kursi, Dapil 3 Siberut Utara, siberut Barat 4 kursi, dan Dapil 4 Siberut tengah, Siberut Selatan, Siberut Barat Daya sebanyak 5 kursi. Mentawai dengan jumlah penduduk 91.694 jiwa jumlah kursi 20.


Terkait Logistik Pemilu, kata Pardede dibagi 2 tahap, tahap pertama mulai desember dari kotak suara, bilik suara tinta, segel, sampul, gembok/ kabel ties pengaman kotak suara, alat kelengkapan TPS, PPS, PPK, tanda pengenal logistic yang berkaitan dengan penetapan DCT dan DPC, sementara tahap 2 logistik yang berkaitan dengan penetapan daftar calon tetap dan daftar pasangan calon yaitu surat suara PPWP, DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten / Kota, alat bantu tunanetra PPWP dan DPD, Formulir, serta DCT dan DPC.

 



“ Syukur Alhamdulilah semua logistik kita ini sudah tersedia digudang dan sudah dalam keadaan dipacking.’’terangnya.

 

Pardede mengatakan saat ini ada 3 gudang logistik dan telah memenuhi persyaratan, sementara lokasi tempat penyimpanan logistik di 10 kecamatan, Siberut Selatan Aula Pastoran,  Sikakap di Gedung serbaguna, Pagai Selatan Aula Kantor Bulasat, Pagai Utara di Sekretariat PPK, Siberut Utara ada Aula Kantor Camat, Siberut Barat di Kantor Camat, Siberut barat daya berada di sekretariat PPK, siberut tengah berada di sekretariat kecamatan, Sipora Utara di aula skretariat kecamatan, sipora selatan berada diruang rapat kantor camat sipora selatan. Kata pardede pihaknya telah membuat alur dan jadwal distribusi logistic pada 4 kategori yaitu daerah yang sulit, sedang dan mudah. Dari 10 Kecamatan ada 3 daerah yang sangat sulit Siberut barat, siberut utara dan pagai selatan.

 

Ia berharap seluruh logistik sudah berada di KPPS dan sudah dikoordinasikan kepada PPK dan PPS bahwa semua logistik ini sudah harus standbye. Sementara permasalahan dilapangan ada 174 tidak tersedia jaringan listrik, akses internet blankspot 122 lokasi TPS, 115 jaringan kuat, jaringan lemah 102 TPS sementara wifi tersedia di 28 TPS. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Mentawai atas kekurangan-kekurangan termasuk penyediaan printer scanner.


Sementara Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam hal ini diwakili   Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Ruslianus Sabelau mengatakan pihak Pemkab Mentawai, terkait kebutuhan ,kekurangan dan kendala di lapangan akan segera ditindaklanjuti. 

  {Md}.

 

 

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 7 Hari Lagi Menuju Pesta Demokrasi, KPU Mentawai Gelar Rakor Logistik dan Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

Terkini

iklan2

Iklan