Iklan

Peringati Hari Lahir Pancasila, PJ Bupati Mentawai Sampaikan Amanat Presiden Republik Indonesia

Jumat, 02 Juni 2023, Juni 02, 2023 WIB Last Updated 2023-06-02T08:11:48Z

Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila di Mentawai berlangsung hidmat

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di halaman Kantor Bupati KM 5 Sipora Utara Kamis (1/6/2023).

Pj Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak selaku Inspektur Upacara yang mengusung tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan Falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber dari segala sumber hukum negara, merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus bintang penuntun, dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu berdaulat, adil dan makmur.  


"Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga, baik dari masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang," Ungkapnya.

Dari amanat tersebut Fernando juga berpesan agar menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa, dimana hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ia juga mengajak masyarakat mari saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu satu sama lain.

Pada upacara tersebut seluruh Tamu undangan  di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengenakan aksesoris adat Mentawai.

Turut hadir Forkopimda, Instansi Vertikel, Tokoh Agama, Camat, SMA, Asn dan Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.’’{Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Lahir Pancasila, PJ Bupati Mentawai Sampaikan Amanat Presiden Republik Indonesia

Terkini

iklan2

Iklan