Iklan

Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Resmikan Perumahan di Desa Monganpoula, Ini Pesannya

Senin, 27 Februari 2023, Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-27T02:22:30Z

Pj. Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan melakukan pengguntingan pita dalam rangka peresmian bantuan perumahan masyarakat di Desa Monganpoula, Kecamatan Siberut Utara

SASARAINAFM.COM |  MONGANPOULA  -
Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan meresmikan bantuan perumahan masyarakat di Desa Monganpoula, Kecamatan Siberut Utara, sebanyak 95 unit rumah layak huni, Jumat (24/2/2023).


Dalam arahannya Martinus meminta kepada Pemerintah Desa setempat agar peduli dan penganggaran untuk pembangunan jalan lingkar di pemukiman warga baru, dimana saat ini jalan lingkar di pemukiman perumahan baru masih polos dan tanah.


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa target Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menarget tahun 2025 tidak ada lagi yang tidak punya rumah dan yang punya rumah namun tidak layak huni termasuk sanitasi, dan toilet.


"Target kita saya sampaikan kepada Kepala Dinas Perwaskim tahun 2025 tidak ada lagi yang tidak punya rumah," katanya.


Terkait hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Asmen Simanjorang mengatakan bahwa pihaknya sementara belum realisasikan untuk pembangunan jaringan air bersih di pemukiman baru warga, namun pihaknya tahun ini akan membangun jaringan air dengan memanfaatkan sumber air dari embung di Dusun Pokai.


"Ini hanya sementara bukan selamanya, untuk jangka panjang nanti kita manfaatkan sumber air dari Dusun Sirilanggai dan dalam perencanaan dimana saat ini perencanaannya sudah berjalan, kemungkinan 2024 akan kita mulai pembangunan jaringan air bersih bersumber dari Sirilanggai," katanya.


Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim), Zakirman mengatakan ada sekitar 7.587  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kepulauan Mentawai namun yang terdaftar di sistem RTLH 5.625, dikarenakan adanya masyarakat Mentawai yang didata miskin ekstrim kemudian stunting program Nasional, namun kata Zakirman yang miskin ekstrim masih ada Kartu Tanda Penduduk (KTP) belum siap pada tahun 2021 kemudian 2022 sudah ada yang siap dan pihaknya akan mengupayakan.


"Penanganan rumah miskin ekstrim ini untuk Kepulauan Mentawai pada tahun 2023 alokasinya belum turun, namun tetap kita upayakan supaya ini segera," kata Zakirman.


Target Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah 11.000 perumahan dan Pemkab setempat sedang berupaya mencari tambahan anggaran sehingga di pelosok-pelosok ada rumah yang layak huni. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Resmikan Perumahan di Desa Monganpoula, Ini Pesannya

Terkini

iklan2

Iklan