Iklan

Tingkatkan Hasil Panen, Pemerintah Berikan Bantuan Kepada Petani Sawah Di Desa Tuapejat

Minggu, 23 Oktober 2022, Oktober 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-23T13:11:49Z

Hamparan sawah di Dusun Mapaddegat

Sasarainafm.com I Tuapejat
Sedikitnya, 700 kilogram bibit padi unggul dari Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Mentawai untuk tiga kelompok tani sawah di Dusun Mapadegat Desa Tuapejat didistribusikan.



Kepala Desa Tuapejat, Pusuibiat T Oinan mengajak petani sawah agar semakin termotivasi melakukan budidaya tanaman padi dengan adanya bantuan dari pemerintah setempat.



“Untuk meningkatkan produktivitas petani sawah, tahun 2022 pemerintah desa Tuapejat juga memberikan bantuan tiga unit hand traktor kepada petani. Selain itu, juga akan didistribusikan bantuan berupa dua unit mesin perontok padi pada petani sawah di Dusun Mapadegat, satu unit di Dusun Berkat, dan satu unit di Dusun Pukaraiat. Kemudian, kipas pembersih padi dan tangki semprot untuk kelompok tani dusun berkat dan pukaraiat,”ujar Pusuibiat, Jumat (21/10/2022) di Dusun Mapaddegat.



Pusuibiat berharap melalui hasil tani sawah, mampu mendongkrak perekonomian warga. Sementara itu, penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Tuapejat, Paber Hasudungan mengungkapkan bahwa hasil pertanian sawah tahun ini kurang memuaskan, hanya mencapai satu hingga dua ton per hektar di Dusun Mapaddegat.



Beberapa kendala penyebab anjloknya hasil panen diantaranya, proses budidaya padi tidak serentak, bibit tidak seragam, pengolahan tanah tidak serentak, dan faktor cuaca.



Pada tempat yang sama, Babinsa koramil 03 Sioban, Serka Dendi Sartika juga terus berupaya mengajak warga binaannya meningkatkan ketahanan pangan dari tani sawah bersama stakeholder terkait.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Hasil Panen, Pemerintah Berikan Bantuan Kepada Petani Sawah Di Desa Tuapejat

Terkini

iklan2

Iklan