Iklan

PT Telkom Bakal Bangun Link Fiber Optic Dari Tuapejat Ke Sioban

Kamis, 02 Desember 2021, Desember 02, 2021 WIB Last Updated 2021-12-02T01:58:44Z

Manager Business Government dan Enterprise Service (BGES) PT. Telkom Witel Sumbar  Suwito saat menggelar pertemuan bersama Wakil bupati Mentawai Kortanius Sabeleake di Tuapejat.

 SASARAINAFM.COM │ TUAPEJAT - PT. Telkom akan segera membangun link fiber optic (FO) dari Tuapejat ke Sioban sekira 40 km melalui jalur tanah. 


Hal tersebut disampaikan oleh Suwito,  Manager Business Government dan Enterprise Service (BGES) PT. Telkom Witel Sumbar dalam kegiatan Survey dan aanwijzing pembangunan fiber optic jalur Tuapejat-Sioban.


"Penyambungan link akan melalui beberapa desa, diantaranya Rokot. BTS-BTS yang ada nantinya akan disupply oleh fiber optic dan kekuatannya akan sama dengan yang sudah ada di Tuapejat, jadi backbonenya bukan VSAT lagi,"tutur Suwito di ruang rapat kantor Bupati Kepulauan Mentawai saat berdiskusi bersama unsur Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapejat, Rabu (1/12/2021).


Ia mengimbuhkan akan ada sekira 400 sambungan optical distribution point  (odp) saat penyambungan link fiber optic dari Tuapejat ke Sioban.


Rencananya, kata Suwito, akan dimulai pada Desember 2021 dan material sudah disiapkan.


"Penyambungan sekira 40 km tanpa tiang. Tiang hanya muncul  di beberapa titik perumahan warga untuk mendistribusikan, namun jalur utamanya kabel tanah,"ujarnya.


Sementara itu, Pemerintah daerah setempat turut menyatakan dukungannya atas rencana pembangunan konektivitas dan telekomunikasi tersebut.


"Sebagai wujud dukungan kita, Pihak Pemerintah bersedia menyediakan lahan atau kantor untuk digunakan pihak Telkom.


Area b ank spot masih banyak, kita harapkan pihak Telkom memperkuat jaringan komunikasi minimal di setiap Kecamatan,"ujar Kortanius di ruang rapat kantor Bupati, Rabu (1/12/2021).


Wakil Bupati Kepulauan Mentawai berharap setelah konektivitas jaringan di Sioban rampung, akan dilanjutkan ke Katiet dan daerah lainnya dan Stakeholder terkait beserta masyarakat turut mendukung.


Camat Sipora Utara, Marsen mengimbuhkan bahwa apapun kegiatan pembangunan yang dilakukan, perlu adanya pemberitahuan pelaksanaan pekerjaan di tingkat desa dan kecamatan agar bisa disosialisasikan kepada masyarakat dan alangkah baiknya dapat melibatkan tim dari pihak dusun, desa, dan kecamatan.


Turut hadir dalam diskusi tersebut, tim PT.Telkom Witel Sumbar dan Mentawai, para Asisten Setda Mentawai, Camat Sipora Utara, Camat Sipora Selatan, Kepala desa, dan Kepala OPD beserta tim Dinas Kominfo Mentawai.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT Telkom Bakal Bangun Link Fiber Optic Dari Tuapejat Ke Sioban

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan