Iklan

Bupati Mentawai Harapkan PDD AKN Lampung di Mentawai Bakal Miliki Program D3

Jumat, 18 Desember 2020, Desember 18, 2020 WIB Last Updated 2020-12-18T17:02:28Z



SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT-
Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Mentawai berencana dan komitmen bahwa Program Studi Diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lampung di Mentawai akan dijadikan sebagai Program Studi Diluar Kampus (PSDKU).

 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet usai pelaksanaan wisuda PDD AKN Lampung di Mentawai angkatan III di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rabu, (16/12/2020).

 

"Kita komit bersama dengan Wakil Bupati dan saya (Bupati) akan menjadikan PDD sekarang ini menjadi PSDKU, kita hanya menyiapkan anggaran saja," kata Yudas.

 

Kampus PDD Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lampung di Mentawai  

Jika PDD terwujud sebagai PSDKU, maka kata Yudas anak-anak Mentawai tidak lagi mesti kuliah di luar Mentawai seperti Padang, atau di daerah lain, sehingga bisa lebih mengirit biaya, bahkan pihaknya juga akan menggratiskan biaya kuliah kecuali biaya hidup sehari-hari mahasiswa, bahkan PSDKU akan naik tingkatannya menjadi lulusan Diploma III (D3), dimana saat ini masih D2.

 

"Jika itu terwujud, maka adik-adik, tidak perlu jauh-jauh untuk pergi kuliah, disini kita di Mentawai sudah ada, silahkan anda kuliah, tidak perlu dibayar, kuliah saja, kecuali biaya makan, kos, itu masing-masing," ungkapnya.

 

Bahkan Yudas Menjelaskan, akan ada penambahan Program Studi (Prodi) baru jika jadi PSDKU, seperti Prodi bidang Pariwisata, karena menurutnya Pariwisata sangat cocok di Kepulauan Mentawai sebagai daedrah wisata.

 

Yudas juga mengajak anak-anak Mentawai memanfaatkan kondisi yang ada, menurutnya lebih baik kuliah di daerah sendiri daripada pergi keluar dengan biaya kos cukup mahal.

 

Meski demikian, kata Yudas sedikit kendala pada pelaksanaan kuliah yaitu kekurangan Dosen pengajar dengan jurusan yang ada saat ini, yakni jurusan teknik pangan dan perikanan, namun ia menyebutkan untuk saat ini sudah ada 2 anak Mentawai yang dipersiapkan sebagai Dosen pengajar di PSDKU nantinya.

 

"Kendala kita saat ini adalah  Dosen yang masih kurang sesuai dengan jurusan dan mata kuliah yang belum ada, tapi kita sudah siapkan dari sekarang anak-anak Mentawai yang menjadi Dosen nanti," katanya. (Str)


Baca juga : 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Mentawai Harapkan PDD AKN Lampung di Mentawai Bakal Miliki Program D3

Terkini

iklan2

Iklan