Iklan

Tepis Isu Gempa dan Tsunami, BPBD Mentawai Bakal Datangkan Pakar

Jumat, 08 Maret 2019, Maret 08, 2019 WIB Last Updated 2019-03-08T08:48:27Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, berencana undang pakar masalah gempa dan tsunami untuk memberi pencerahan kepada warga Mentawai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBD Mentawai Yusuf Hadisumarto,  mengatakan Pakar gempa tsunami dan juga pakar tentang penataan rumah aman gempa yang akan didatangkan itu adalah seorang dosen dari Universtas Negeri Padang (UNP) Padang, dan diharapkan nantinya dapat memberikan pencerahan kepada warga Mentawai khususnya masyarakat di desa  Sikabaluan Siberut Utara tentang gempa dan tsunami, dan juga masalah rumah aman gempa..

“ Kita akan undang bapak Sunardi, beliau ini seorang dosen UNP, sekaligus pakar dalam masalah gempa dan  tsunami sekaligus pakar dibidang penataan rumah aman gempa, “ Ujar Yusuf di Tuapejat, Jumat (8/3).

Yusuf menyebutkan, sampai saat ini masih ada informasi-infprmasi yang salah tentang gempa di Mentawai, sehingga masyarakat cemas dan takut, padahal informasi-informasi itu kadang hanya isu, “ masih sering masyarakat menrima kabar yang salah, kadang hanya isu tentang ancaman gempa di Mentawai, dan ini tentu harus diluruskan dan kita beri pencerahan yang benar kepada masyarakat, “ kata Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, selain sosialisasi tentang pemahaman dan kesiap-siagaan bencana, BPBD juga berencana melakukan simulasi penanganan bencana yang akan di laksanakan di lautan bebas,sebagai salah satu bentuk pertolongan yang akan dilakukan pada saat bencana sudah terjadi.

Tentang belum adanya tempat evakuasi tsunami yang memadai di kawasan kecamatan Siberut, Yusuf mengatakan pihaknya sedang mengusulkan adanya pembangunan gedung Shelter, “ ya untuk mempercepat pertolongan kepada warga saat terjadi gempa, kita sedang mengusulkan adanya gedung Shelter, ini juga mengingat masih banyak pemukiman  warga yang jauh jaraknya dengan tempat evakuasi,” Pungkasnya. (Johan)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tepis Isu Gempa dan Tsunami, BPBD Mentawai Bakal Datangkan Pakar

Terkini

iklan2

Iklan